Softpower Jepang – Avenge of WWII

Setelah lama gak nulis tulisan yang ‘berat-berat’, akhirnya gue nulis juga.. tentang softpower. Softpower bukan merek deterjen (jayus), tapi Softpower adalah suatu term ilmu politik yang artinya adalah menguasai atau mempengaruhi pihak lain tanpa kekerasan. Yah layaknya propaganda, atau dalam istilah dakwah dikenal sebagai Ghozwul Fikri, tapi yang ini lebih lembut dan malah lebih efektif-sekaligus mengena.

Negara yang sekarang sedang gencar-gencarnya melakukan soft-power adalah… Jepang. Secara tidak kita sadari, Jepang udah ngelakuin program ini sejak tahun 1950-an, tak kurang 10 tahun setelah mereka takluk di hadapan Amrik dkk. Tapi jangan salah, softpower yang mereka lakuin bukan lewat industri, bukan lewat politik, militer apa lagi. Mereka melakukannya lewat budaya, dan hasilnya luar biasa. Dari pelosok Danau Victoria di Zimbabwe ampe kampung-kampung di Jakarta, siapa sih yang gak kenal Doraemon?

Lewat anime-lah, Jepang berusaha menyampaikan identitas bangsa mereka. Mereka menunjukkan bahwa seberapa besar infiltrasi budaya (cee elah bahasane) dari Amerika Serikat sejak pemaksaan oleh Commodore Matthew Perry untuk masuk ke Jepang dan menyuruh Jepang untuk beristiadat dengan cara Western, tapi Jepang tetaplah Jepang. Harajuku, contohnya. Hanya dari sebuah nama jalan di Jepang, peminat Harajuku udah menggila banyaknya di seluruh dunia. Kalo ada festival manga pasti deh ada yang kulitnya hitem, putih, kuning ampe biru. Menandakan bukan cuma AS yang the superpower, Japan is the next – mereka ngungkapin ini secara ga langsung.

Bahkan anime Jepang -beberapa di antaranya- dituhankan! Haruhi Suzumiya, anime yang cukup baru, belum satu dekade, udah ada aja yang jadi cult sama si Haruhi! Gila. (Hampir2 gue terpengaruh untuk ikut ke aliran Haruhiism XD)

Agaknya dendam dan mimpi seorang sastrawan Jepang, Yukio Mishima, udah terwujud. Bahwa Jepang akan menguasai dunia kembali dan Jepang tetap sebagai sebuah bangsa yang punya integritas dan harga diri yang tinggi.

Gila ga tuh, bahasa gue melayang2.

Inspirasi : Kompas taon 2008, yang bagian Etnika, tanggal berapa gue lupa, baca pas di Anyer..

2 thoughts on “Softpower Jepang – Avenge of WWII

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s