Hadiah Nobel 2008!

Setelah tadi sempet kepikiran untuk nulis sesuatu yang.. aah tak usah dibahas lah, gue consider untuk lebih menulis sesuatu yang bersifat more public. Apalagi sekarang lagi hot-hotnya. Ditengah crises yang melanda dunia ini, ada beberapa orang yang melakukan BREAKTHROUGH. Breakthrough ini mereka lakukan pada bidang-bidang mereka masing-masing. Ada yang di Medicine, di Chemistry, Physics sampai Sastra. Orang-orang ini baru aja dihadiahi Nobel oleh Komite Iptek Swedia.

Nobel, rasanya lo emang sering denger ya. Cuma mungkin, mungkin diantara lo belom ada yang tau asal-usul hadiah Nobel. Nobel sendiri bukan kata yang artinya bangsawan (itu mah Noble), tapi Nobel (nama lengkapnya Alfred Bernhard Nobel) itu adalah nama seorang Ilmuwan asal Swedia yang menemukan TNT (Trinitrotoluene). TNT itu semacem bahan eksplosif, mungkin kita kenelnya dengan istilah dinamit. Hadiah Nobel sendiri berasal dari royalti Nobel yang sangat berlimpah atas hasil penemuannya yaitu TNT dan penemuan lainnya.

Dia sedih dan menyesal telah menemukan TNT, karena digunakan untuk perang. Untuk membalas kesalahannya yang parah itu, dia memutuskan untuk memberikan royaltinya kepada Komite Iptek Swedia agar royaltinya ini diserahkan kepada ilmuwan-ilmuwan yang melakukan breakthrough di bidangnya, ya dengan begitu para ilmuwan semakin terobsesi untuk mengembangkan ilmunya dan menemukan sesuatu yang tak diduga-duga. Mula-mulanya idenya ini ditolak banyak orang, tapi kemudian diterima juga.

Jumlah royalti Nobel sangat-amat-banyak, lebih-lebih dari miliaran dolar. Setiap tahun saja dibagikan jutaan dolar atau sekitar puluhan juta krona untuk satu orang Nobel laurate atau dibagi2. Pembagian hadiah Nobel dimulai pada tahun 1901. Dan berlanjut sampai sekarang. Penerima hadiah Nobel diseleksi dan jumlah calon lauratenya cuma puluhan orang dan calon laurate-laurate itu bener-bener disaring sampe akhirnya ketemu hanya 1, 2, dan 3 orang yang pantas untuk menerima hadiah tersebut. Hadiah Nobel sendiri menekankan pada teori yang bisa dibuktikan secara praktik.

Itulah sebabanya kenapa Stephen Hawking dari dulu udah masuk nominasi Nobel laurate tapi ga-ga juga, karena dia hanya mengemukakan teori tanpa praktek dan pembuktian. Kasian yah. Hadiah Nobel sendiri banyak cabang nominasinya. Ada Kimia, Kedokteran, Fisika, Perdamaian, Sastra dan Ekonomi. Wih macem-macem ya. Dan peraih hadiahnya pun datang dari seluruh penjuru dunia dari Afrika sampai Amerika. Gak terkecuali dari Timor Leste bahkan Kenya! Beuh, sayang Indonesia belom termasuk salah satunya T_T (yang Uskup Belo mah udah jd orang Timor Leste).

Untuk Hadiah Nobel 2008 ini, yang menang tersebut di bawah ini:
*Nobel Kedokteran : Harald zur Hausen (ilmuwan ini telah menemukan bukti bahwa Human Papilloma Virus yang menyebabkan kanker serviks ga cuma ada satu tipe melainkan ada 2 tipe. Ampe sekitar berpuluh-puluh tahun ilmuwan Jerman ini berjibaku buat nemuin satu variasi lagi! Salut, Herr Harald!)
Francoise Barre-Sinousi dan Luc Montagnier (ilmuwan sejoli ini akhirnya nemuin sampel dari Human Immunodeficiency Virus yang selama ini cuma bisa dikira-kira gimana bentuknya. Mereka ngambilnya dari daerah kelenjar getah bening yang udah diserang ama HIV. Dan akhirnya dapet sampel aslinya! Beuuh keren2!)
*Nobel Kimia : Martin Chalfie, Osamu Shimomura, Roger Y. Tsien. (Tiga ilmuwan ini nemuin yang namanya Green Flourescent Protein yang disintesis dari sebuah ubur-ubur [?!!!]. GFP sendiri terdiri dari kombinasi 238 amino acid [maaak] dan GFP ini kalo disinarin ama cahaya biru, berubah waranya jadi ijo! Walah, ini biokimia banget. Penemuan mereka ini adalah sebuah batu fondasi perkembangan ilmu biokimia khususnya yang ngebahas tentang protein [makdjaan O_O])
*Nobel Fisika : Makoto Kobayashi, Toshihide Masakawa, Yoichiro Nambu (dua Nihon-jin ini berhasil nemuin yang namanya “mekanisme perpecahan simetris spontan” [gila istilahnya] dalam lingkup subatomic physics, yang bisa memperkirakan keberadaan setidaknya tiga keluarga quark [susah gw njelasinnya liat di wiki aja] di alam)
*Nobel Sastra : Jean Le Clezio (penulis ini dapet hadiah Nobel karena menawarkan sesuatu tema yang baru, sebuah petualangan puitis dengan selera ekstasi sensual [baahhhh apa ini]. Dia juga menjelajah masalah kemanusiaan)
*Nobel Perdamaian : Martti Ahtisaari (Mantan Presiden Finlandia ini udah terkenal sebagai penengah antara pemerintah dan pemberontak dalam berbagai kasus separatisme yang terjadi di berbagai belahan dunia. Bahkan Mr. Martti ini udah berjasa mendamaikan GAM-RI dan terciptalah Helsinki Accord yang sekarang ngebuat Aceh lebih damai lan seujahtera lagi. Gila gue mesti belajar dari Mr. Martti nih [yang harusnya dia jd Sekjen PBB]. Ya tentu aja belajar ilmu hubungan internasional dari dia)

Fiuh, intinya.. KITA ORANG INDONESIA.. BERSIAP UNTUK MENAANG, MERAIH NOBEL FISIKA-KEDOKTERAN-SASTRA-KIMIA-PERDAMEAN! Alah, semangat 45 nya aja keluar sekarang, ntar lenje2 lagi. Ayo, TALK LESS DO MORE!

6 thoughts on “Hadiah Nobel 2008!

  1. waw…

    mantap dah…
    tp indo kpn dpt ya???

    mo nanya…
    yg dpt nobel fisika brp org???
    ada 3 orjep tp disebut ada 2…
    yg bener yg mana???

    anda sudah pensiun…
    bagaimana dengan teman2 anda?

  2. @ Don bey : ada 4 bey.. Osamu Shimomura [nobel kim], Makoto Kobayashi, Toshihide Masakawa, Yoichiro Nambu [nobel fis] .. Jepang semua kategori udah pernah dpt kecuali yang economic kayanya.. gw pengen indonesia seenggaknya dpt sastra tp ya gitu deh ga ada perhatian dr pemerintah indonesia sedih gw.. sebenernya pramoed bisa dpt tuh.. tapi dia gara2 terlalu affiliated dan support ke komunis, malah menurut guru bi gw si pramoed itu salah memahami konsep komunisme/sosialisme/marxisme, dia kebanyakan baca aja…. sayang yah..kalo Nobel prize cenderung ke orang2 yang biasa2 aj .. malah orang yg keluar dr komunis macem Alexander Solzhenitsyn itu , tapi dia ini ngungkap fact ko.. tentang gulag..

  3. kayaknya peluang terbesar Indonesia dapat Nobel hanya dibidang Sastra…
    masa gr2 pramoed support komunis, dia gk dpt???

    jd Nobel itu khusus org2 normal,ato cenderung pada paham tertentu macam liberal ato demokrasi???

    pertanyaannya blom dijawab bung…

  4. @ don by : nobel prize itu cenderung untuk orang yang netral, tidak berpihak pada ideologi apa-pun (tidak mempromosikan sebuah ideologi di tulisannya).. penulis memperjuangkan HAM dan penulis mengungkap sisi lain dari kehidupan manusia yang belum pernah orang lihat sebelumnya (kaya kemiskinan, atau kebrutalan di sebuah negara yang diktator) nobel prize ditujukan untuk orang yang membuka kebenaran dan menyampaikannya apa adanya kepada masyarakat. dalam hal ini toer sebenernya udah memenuhi kriteria, hanya saja dia, dalam tulisannya, menulis bahwa untuk meng-solve problem-problem di masy. hrslah dengan sebuah ideologi bernama komunisme.. komite nobel tak suka sikap toer yang terlalu mempromosikan komunisme sebagai solusi terbaik, padahal semua ideologi bisa jadi punya kebaikan dan kelemahannya masing2, itulah sebabnya toer tak dapet2 nobel prize.. bukan karena nobel prize itu cenderung ke orang2 liberal … penulis biasa2 dengan tulisan yang mengungkap kebenaran dan hikmah dari kejadian di dunia inilah yang dijadikan kriteria bagi seorang laureate nobel sastra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s