Who’s Mataharitimoer ?

Tadi pagi, saya ngakses website detikcom. Seperti biasa, saya gak selalu ngeliat headline utamanya, tapi juga ngeliat kebawah, seperti misalnya ngebaca keluhan-keluhan kostumer yang macem-macem, sampai dengan member-member blogdetik. Kali ini mata saya terhenti pada sebuah nama yang terpampang di Blog Pilihan – blogdetik.com. Mataharitimoer. Sebuah nama lama yang kembali mengingatkan saya pada waktu SMP…..

Mataharitimoer biasa saya (dan teman-teman) sebut dengan nama Pak Pras. Beliau ini dikenal dengan keahliannya memperbaiki komputer. Saya sempat berurusan cukup lama dengan beliau untuk merbaiki CPU saya yang rusak karena ‘orang-orang tak bertanggungjawab’. Pak Pras sampai nyariin CD-ROM yang pas buat CPU saya sampai ke luar kota. Ckckckc.. Sisi lain yang jarang terlihat pada Pak Pras, atau saya yang tidak menyadari.. bahwa Pak Pras adalah seorang yang cinta sastra…

Hmm.. meskipun jarang-jarang sekali saya lihat di Lailatul Ansyitoh (Extravaganzanya NFBS – acara maming untuk menghilangkan kebosanan NF), saya baru menyadarinya saat milis NFBS menulis bahwa Pak Pras sudah mengarang sebuah novel! Novel yang tebalnya lumayan yang dijuduli Jihad Terlarang ini saya lihat cukup luas penjualannya. Jihad Terlarang sendiri bercerita tentang kisah Pak Pras yang nyaris terjerembab dalam NII. Di Plaza Senayan saya lihat ada sekitar 5 eksemplar yang tersedia. Waw, sampai Senayan boo.. Dan, setelah melihat isinya, memang gaya bahasa Pak Pras bagus.. menarik.. dan friendly, sehingga gak membuat kita bosan.. dan itu juga terdapat pada blog beliau..

Sisi uniknya adalah.. Pak Pras aka Mataharitimoer berdomisili di hutan. Yak, seorang blogger hutanan. Mungkin ini sisi unik yang jarang ditemukan pada blogger dan penulis lainnya. Makanya ide Pak Pras jadi sangat encer. Uh, sebenarnya masih ada seorang sastrawan lagi di hutan Cihideung. Beliau adalah guru Bahasa Indonesia saya, Pak Harun. Saya bisa mengibaratkan pak Harun sebagai Rahwana kecil. Pak Harun bisa bersikap sangat galak, namun sama saya baik-baik aja tuh. Pak Harun pernah jadi aktor teater independen/jalanan. Seru juga yah..

6 thoughts on “Who’s Mataharitimoer ?

  1. ada informasi baru nih. MT aka pak prass itu sudah siap mengupload buku kecilnya yang baru, sebuah catatan perjalanan ke Baduy Dalam. silakan lihat saja di blogdetiknya.

    saya pak saepulloh… guru bahasa indonesia juga di nfbs. dan sekarang di nfbs ada teater alang-alang. seru deh!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s