Tarik Tambang dan Energi Cewek

Baru aja tadi siang saya bermain tarik tambang. Tepatnya sih bukan main, tapi lomba. Setelah sekian tahun gak pernah megang yang namanya tali tambang, akhirnya saya megang juga. Jujur abis lomba, otot trisep saya langsung kerasa ngilu minta ampun. Kalo lecet sih udah wajar yah, hehe. Oke, itu intermezzo aja. Sekarang saya pengin ngebahas tentang Tarik Tambang.

Sejarah Tarik Tambang sendiri dimulai pada masa India Kuno, jaman Sebelum Masehi. Ada ceritanya lho.

Alkisah, terdapat sebuah kerajaan bernama Chandranayan di daerah Uttar-Pradesh (India Utara). Kerajaan ini dipimpin oleh seorang raja yang lalim bernama Gathkra. Saking lalimnya, dia sangat suka memakan tubuh manusia. Sewaktu ketika, datanglah seorang pandita yang baru selesai dari meditasinya di Himalaya. Pandita ini mampir di kerajaan Chandranayan untuk istirahat sebentar. Dia sangat terkejut melihat rakyat di Chandranayan sangat tersiksa.

Lalu, dia mendatangi istana sang raja dan berbicara dengannya. “Tuan Pandita, ada apa sampai anda mampir ke Istana saya ini”, kata Gathkra. “Kau… kau.. sudah sangat lalim kepada rakyatmu! Kau membiarkan mereka dalam kelaparan yang amat sangat hingga mereka hanya bisa memakan tambang!”, ujar sang Pandita. Sang Raja lalu melotot melihat kengototan sang Pandita, “Baik, saya tidak ada salah pada ini! Lagipula tidak ada rakyat yang melawan saya! Sayalah yang paling berkuasa di negeri ini!”. Pandita lalu menjawab, “Tuan Raja, saya mengajukan tantangan, kalau anda memang seorang yang sangat berkuasa di negeri ini, akan saya undang Tuan untuk ikut pertandingan, menarik tambang”. Sang Raja hanya bilang, “Silahkan saja! Semua ksatria dari Bangalore sampai Gujarat tahu siapa saya!”.

Sang Raja memang mempunyai bodi yang sangat besar, jambang yang lebat, dan muka yang garang hingga terlihat seperti Dasamuka di dunia perwayangan atau seorang Hulk. Pandita keluar Istana lalu menggalang kekuatan rakyat. Dia membuat rakyat untuk maju melawan kekuasaan tirani. Akhirnya rakyat pun mau untuk bersatu melawan raja. Harinya pun tiba. Sang Raja bertelanjang dada sendiri, dan sang Pandita bersama rakyatnya. “Tuan Raja, kalah menangnya pertandingan ini apabila Tuan tertarik oleh kekuatan kami. Bila kalah, kekuasaan Tuan untuk kami”, kata sang Pandita. Pertandingan pun dimulai. Rakyat dan Raja saling melawan untuk mengalahkan satu sama lain. Berkat bantuan dewa-dewa, rakyat pun menang, dan Raja kalah serta pasukannya yang kemudian diikat bersama-sama lalu diarak keliling kota tersebut dan dibuang di tengah laut.

Wah ceritanya keren yah… Sebenernya untuk cerita tentang Tarik Tambang juga ada legenda dari Nordik yang menceritakan pasukan Viking saling menarik kulit binatang untuk menguji kekuatan sebelum pertempuran. Banyak versinya deh…

Tug-of-war aka Tarik Tambang ini semakin terkenal tatkala Pasukan EIC dari Britania Raya datang mengekspansi India. Di sana mereka menemukan sebuah tradisi unik yaitu tarik tambang. Pasukan-pasukan EIC menggunakannya sebagai olahraga refreshing bahkan rekrutmen untuk pasukan baru. Saking terkenalnya olah raga ini, Tarik Tambang sempat dijadikan salah satu cabang olahraga di Olimpiade meskipun akhirnya hilang pada Olimpiade 1920. Wah gak kebayang kalo Tarik Tambang masih jadi Olimpiade sampai sekarang, Indonesia jadi juara terus tuh kayaknya. Hahaha..

Ok. Sekarang masih topik tarik tambang cuma agak melenceng. Hari ini bener-bener kemenangan yang luar biasa buat tim tarik tambang cewek dari kelas saya. Luar biasanya karena bener-bener gak diduga. Ada yang kecewa dengan kemenangan tim cewek kelas kami, sampai nendang-nendang pot, ckck, padahal dia jurinya *oot dikit ga papa kan*. Dari sini saya tertarik untuk nyelidikin, asal-muasal tenaga cewek-cewek ini dari mana ya?

1. Cewek-cewek ini mungkin minum doping
2. Ada mungkin dari mereka yang lagi mens. Saya pernah belajar pas biologi, kalo pas cewek lagi mens (bukan PMS yah), mereka akan menunjukkan beberapa symtomps. Symtomps ini antara lain adalah euforia, atau mungkin sensitivitas luar biasa, atau perasaan ingin bunuh orang (CAUTION), dan salah satunya juga adalah energi yang berlebih. Waw…
3. Faktor support. Hehe
4. Faktor sugesti. Mungkin sebelum tarik tambang mereka mempraktikkan apa yang disebut oleh Motivator Mr Ahmad Aris sebagai transmitter gelombang sugesti. Sugesti mereka adalah MENANG. Sugesti mereka sekuat sugesti Bill Gates ketika membangun Microsoft TM.
5. Dll..

Oke sekian ajah postingan saya kali ini.

9 thoughts on “Tarik Tambang dan Energi Cewek

  1. ternyata tarik tambangpun memiliki sejarah ya, sampai-sampai pernah masuk olimpiade segala. Kirain tarik tambang cuma buat loma 17 agustusan.
    wah…
    ada yang ampe mecahin pot?

  2. waaah keanya penyelidikan lo ada bener jg za…
    kadang gue merasakan apa yg lo tulis di atas, symtomps.. yaa symtomps, dan itu adalah nick gue. haha

    tp yg paling penting tuh support dr temen2+sugesti kemenangan. hahaha
    cewek2 emang stroooong!😄

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s