Shinigamisme di Anime

Kali ini, saya bakal ngungkit masalah anime. Sebenernya masalahnya cukup umum sih, tentang genre-genre di anime. Cuma kali ini saya bakal ngomongin merebaknya anime yang memakain embel-embel shinigami dalam cerita/plot utamanya. Bahkan sebuah anime yang saya yakin semua anak juga tau, Bleach, tokoh sentralnya yaitu Ichigo Kurosaki adalah seorang shinigami (Sebenernya dia dapet kekuatan dari Rukia, kan). Sebelum ngebahas ini semua, ada baiknya kita tau apa sih shinigami itu?

Shinigami secara harfiah berarti Dewa Kematian (shi berarti kematian, kami berarti dewa). Shinigami sendiri sering dipakai sebagai istilah untuk malaikat pencabut nyawa, karena sebenernya di ajaran Shinto, spesifikasi Shinigami juga gak terlalu jelas dideskripsikan, makanya pemakaian kata Shinigami lebih leluasa aja. Justru kata Shinigami ini jarang banget di pakai di dongeng-dongeng rakyat Jepang, justru Shinigami diimpor sebagai sebuah istilah ke Eropa sampai dijadiin sebuah opera zaman Meiji. Ckckckc…

Rakyat Jepang kemudian mengalami masa-masa di mana anime dan manga berjaya. Dari sekian manga dan anime itu, terdapat juga genre-genre anime dan manga yang misteri atau horor. Maklum sedari dulu memang rakyat Jepang sangat percaya mistik dan dunia gaib. Sebenernya gak cuma itu, orang Jepang juga suka ngebaca kisah-kisah misteri investigatif seperti Detektif Kindaichi, yang langkahnya diterusin sama Detektif Conan. Tema Shinigami pun kemudian menghangat pada kurun awal 2000-an, bahkan langkahnya nyaris menggesar komik-komik Detektif itu.

Salah satu contoh terbaik anime tentang Shinigami adalah Bleach. Yah sebagian besar dari kalian udah tau lah alur ceritanya. Ichigo Kurosaki bisa ngeliat seorang shinigami bernama Rukia (Recca?), entahlah, tiba-tiba energi Rukia merasuk ke tubuh Ichigo. Pas sekolah, tiba-tiba seorang anak baru bernama Rukia juga muncul. Wew. Anime lainnya yang juga memasukkan shinigami adalah Death Note. Kenapa hayo? Buku Death Note itu dijatuhkan oleh seorang shinigami ke Light Yagami yang udah berhasil ngebunuh sederet penjahat. Shinigami ini tertarik pada tujuan si Light yang ingin menegakkan kebenaran dengan membunuh penjahat-penjahat itu.

Wah, nulis segini aja udah bikin saya pusing, soalnya saya bukan manga-ota or anime-ota. Banter-banter nonton Air Gear. Komik paling Doraemon sama Sinchan.. hahaha, udah sok-sok tau soal anime aja..

12 thoughts on “Shinigamisme di Anime

  1. iya tuh…q jg bingung, dewa kematian kok bisa mati (serial Bleach). logikanya kan gak toh…??
    mo nambahin aja, selain Bleach,Death Note, Soul Eater (baru), dulu jg ada Shinigami no Ballad, dll (susah disebutin, ga apal)
    kalo ada info lagi ttg apa itu shinigami,kontak qt dunk..^^

  2. Rakyat jepang sangat percaya mistik dan dunia gaib????

    Jaman dulu mungkin memang iya, tapi jaman sekarang terutama orang muda jepang apa masih percaya???

    Kalau boleh tanya, berapa banyak orang jepang sekarang yg dikenal baik dan berapa persen yang percaya sama mistik dan dunia gaib?

    • @ yusahrizal : arrh, saya agak susah ngejelasinnya. mungkin memang anime bergenre horror-dan shinigami seperti itu berkembang, hanya saja toh awareness mereka berkurang seiring dengan modernisme… ah saya bukan ekspert dibidang ini.. heuh, maaf jawaban tidak memuaskan -_-

  3. yey, shinigamisme emg lg ‘hit’. wah ada nama wa, wa jd tersanjung. hahaha. Tp yah, mnurut wa shinigami yg pling kren bntuknya yah Deathnote. ho3.

  4. doraemon aja ahhh lebih santai . ga pake mikir..
    yaampun ichigo ganteng yaa, rambutnya keren. orange!! XDD kalo pk rambut gt ke skolah paling baru sampe lobby udah di cegat sama, yu-no-hu sama ekselen. halah

    • @ count fauzi : err, saya toh bukan expert anime, dan kurang waktu untuk ngeliat anime2 yang contain shinigami (dengan kata lain riset), jadi saya ambil contoh yang sering muncul. macam dua itu lah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s