Natal dan Orang Jepang (クリスマスと日本人)

_santajepang

Seorang santa yang “Jepang-banget”

Mungkin anda sering lihat sewaktu membaca manga-manga Jepang tentang bagaimana meriahnya dan gembiranya orang Jepang menyambut X-mas. Di cerita Doraemon aja misalnya, natalan sendiri menjadi saat Nobita menerima hadiah dari orang tuanya. Fenomena tentang Natal di Jepang ini cukup menarik untuk kita selidiki, berhubung umat Nasrani di Jepang jumlahnya termasuk minoritas disana.

Agama Kristen sendiri mulai masuk di Jepang oleh para pendeta-pendeta Serikat Yesuit pada kurun awal abad ke-16. Saat itu klan samurai Tokugawa sedang berkuasa dan Jepang sedang menutup diri dengan segala sesuatu berbau “asing” dan “aneh”. Pihak berkuasa Jepang pada saat itu membunuh beberapa misionaris yang bekerja diantara masyarakat Jepang. Pada saat itu Kristen hanya berkembang di beberapa wilayah terluar Jepang, dimana banyak pelabuhan-pelabuhan terbuka untuk orang-orang asing.

Tapi pada akhir abad ke-19, saat Restorasi Meiji mencapai puncak, agama Kristen revive kembali. Walaupun seolah revive, toh hanya 2 persen dari rakyat Jepang yang menganut ajaran Nasrani. Tapi budaya-budaya barat, termasuk Natalan juga masuk ke masyarakat Jepang dan tanpa disadari masyarakat Jepang mengadopsi budaya Natalan tersebut sebagai budaya mereka juga. Natal sendiri bukan libur nasional di Jepang, herannya orang Jepang yang mayoritas beragama Shinto sangat senang dengan kehadiran Natal.

Sebuah survei oleh website japan-guide menyatakan bahwa 54 persen populasi masyarakat Jepang menganggap bahwa Natal sebagai sesuatu hal yang penting dan menyenangkan, juga patut dirayakan. Orang Jepang sendiri tidak menganggap Natal sebagai sebuah “ritual keagamaan lahirnya Yesus Kristus” tapi mereka lebih menganggap bahwa Natal adalah sebuah “feast of the winter” atau bahasa Jepangnya fuyu-matsuri, jadi Natal lebih dianggap sebagai sebuah budaya. Setelah saya selidiki memang orang Jepang gak ada matsuri sewaktu musim dingin… jadi Natal mungkin dipilih sebagai alternate way nya.

Acara wajib orang Jepang saat merayakan X-mas adalah bagi hadiah dan makan-makan. Kalau gak bagi hadiah, masih bukan x-mas menurut orang Jepang. Terutama bagi yang anak-anak.. Ucapan meri-kurismasu (メリークリスマス) menjadi ucapan wajib bagi setiap orang Jepang, apalagi yang beragama Kristiani.

Sebuah artwork anime “Haruhi Suzumiya no Yuutsu” yang bertemakan natal

Bahkan santa klaus pun juga ditunggu oleh orang Jepang, dan biasanya orang tua diasosiasikan sebagai sang santa klaus tersebut. Saya juga curiga jangan-jangan pas X-mas, warga Jepang pergi ke shrine-shrine juga untuk berdoa sama kami mereka. Ckckck… Bahkan X-mas sendiri menjadi inspirasi bagi musisi Jepang seperti L’arc~en~ciel, dalam lagunya berjudul Hurry Xmas yang bakal saya quote dan sekaligus jadi akhir postingan ini..

Kikazatta machi wa mou gensou sa
Tanjun demo waruku wa nai ne
Kimi ga hoshigatteta puresento shinobase takanaru mune
Ah hayaku, nee hayaku seiya ni naranai kana?

Hurry xmas yozora wo ubatte kyandoru ni honoou wo tomoshi
Itoshii hitomi ni hoshi wo ukabete
Amaku hajikeru gurasu e to sosoidara so sweet
Saa party no hajimari sa
Can music!

Yuki ga furi tsumoreba iinoni kotoshi mo furisou ni naine
Ikashita doresu kita kimisae itanara nanimo iranaisa
Ah nante, kirameku machijuu ni sumachita yume
Sekaijuu wo nuritsubushite

Hurry xmas yozora wo ubatte kyandoru ni honoou wo tomoshi
Itoshii hitomi ni hoshi wo ukabete
Amaku hajikeru gurasu e to sosoidara so sweet
Saa party no hajimari sa
Wow!

Yozora wo ubatte kyandoru ni honoou wo tomoshi
Puresento wa mada kakushite oite
Kira kira riisu to candy cake kazaritateta tree
Ano ko yorokonde kureru kana?

Xmas time has come to town (xmas time has come to town)
Xmas time for you and me (xmas time has come to town)
Xmas time has come to town (xmas time has come to town)

Seinaru yoru ni kuchizuke wo
Thank you jesus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s