Resensi Game : Al Fajr Al Intesaar

Saat ini, konflik sedang berkecamuk begitu hebatnya di daerah Palestina. Tentara Israel dengan agresif terus menyerang desa-desa dan kota di Palestina tanpa ampun, korban dari anak-anak sampai kakek-nenek jatuh bergelimpangan. Sebuah brigade dari faksi HAMAS, Izzudin Al Qassam tidak membiarkan kekerasan tersebut berlalu begitu saja. Seorang pemuda bernama Mujaheed ditugaskan oleh Brigade Izzudin Al Qassam untuk menginfiltrasi markas komando Tentara Israel di Gurun Negev. Tempat ini juga diduga oleh Brigade Izzudin Al Qassam sebagai tempat rahasia para pemimpin tinggi Israel melakukan rapat di sebuah bunker eksklusif, bahkan Presiden Bush kabarnya pernah berada disini. Sesuai informasi yang diterima, Pihak Israel dan AS akan melakukan sebuah pertemuan rahasia di bunker eksklusif di Negev ini.

Begitulah cuplikan cerita dari game Al Fajr Al Intesaar (الفجر الانتصار) yang diterbitkan oleh sebuah developer asal Palestina yang bermukim di Eropa ini, yaitu GMIS. GMIS melaunch game ini sekitar tahun 2006, dirilis sebagai respon atas serangan Israel ke daerah selatan Lebanon, tempat dimana Hizbullah berada. Al Fajr Al Intesaar sendiri berarti Dawn of Victory (Fajar Kemenangan), toh walaupun judulnya adalah bahasa Arab, tapi bahasa yang dipake di game ini adalah bahasa Inggris. Game ini adalah freeware, dan pernah sesekali di feature oleh situs Ar-Rahmah Media.

Sekarang adalah ulasan dari game Al Fajr Al Intesaar. Hehe..

thefajrintesaarmenu

Menu gamenya.. dengan gambar para mujahidin Palestina

Game ini bergenre first-person shooter dengan kisah yang  keren, level yang  banyak dan bos yang berada pada akhir permainan. Disini kita berperan sebagai seorang pemuda Palestina yang ditugaskan menginfiltrasi markas tentara Israel. Lawannya sudah jelas, yaitu tentara Israel. Di game ini kita dihadapkan dengan beberapa misi dan tantangan, dengan medan yang cukup berat, yaitu di daerah pegunungan Golan dan di gurun Negev. Pada level pertama, kita baru masuk di “pintu gerbang” markas tentara Israel.

thefajrintesaarlvl3-jihadgrowup

Allahu akbar! Tembak tentara Zionis Israel dengan AR-18!

Untuk masalah senjata, pemain dibekali dengan sebuah senjata utama yaitu Armalite AR-18 produksi AS dengan amunisi NATO (wah produksi AS tuh, pasti dapetnya ilegal atau dapet ghanimah :D). Sayang sejauh saya memainkan game ini yang tersedia hanyalah AR-18. Justru sejumlah senjata yang dianggap dekat dengan kaum mujahidin seperti AK-47, M-16, bahkan Uzi rampasan dari tentara Israel tidak available di game ini. Mungkin AR-18 populer di daerah Palestina dan sekitarnya. Pemain juga akan dibekali dengan beberapa senjata lainnya seperti Grenade Launcher dan Chaingun. Sayang untuk tipe Chaingun saya tidak bisa mengira-ngira dari gambarnya. Untuk Grenade Launcher sendiri adalah Milkor MGL buatan Afsel.

thefajrintesaarlvl6

Bener-bener ajang penumpahan kekesalan! Tembakin aja tuh gambar-gambar!

Masalah grafik? Untuk masalah grafik kita bisa beri bintang tiga. Sudah cukup jelas, tapi sayang pemandangannya gak terlalu rame. Tapi selama permainan, pemain akan disuguhi oleh gambar-gambar para pejabat tinggi Israel seperti Mr. Ehud Olmert, Mrs. Tzipi Livni, Mr. Ehud Barak dan kawan-kawan. Anda bisa menembak sepuasnya ke arah gambar-gambar pemimpin itu, sayang, gak ada efek damage pada gambar tersebut😦 Untuk penggambaran karakter bisa dibilang para pembuat game dari GMIS meniru CS dan hasilnya cukup baik. Mukanya keliatan benar-benar seperti orang Israel, hahaha, yah sayangnya pemain tidak bisa melihat wajahnya sendiri kecuali kalau sudah mati🙂

thefajrintesaarlvlend-sharon

Aduh ini Sharon penggambaran mukanya cukup jelek (apa sengaja ya?)

SFX dalam game ini cukup memuaskan. Suara-suara grenadenya yah seperti aslinya, meskipun gak terlalu heboh, juga suara rentetan tembakan. Namanya juga “game mujahidin”, pastinya ketika anda bermain game ini anda akan mendengar background lagu yaitu lagu-lagu mujahidin yang bisa memompa semangat (bagi anda yang suka lagunya tentunya). Kalaupun agak kurang suka atau eneg sama sekali, anda bisa mute dan ganti dengan lagu-lagu seperti Da Arabian MC’s atau malah Dragonforce.. (metal)

thefajrintesaarlvl4-susah

Jatuh aja tuh Zionis ke sungai!

Nah ketika anda sampai di penghujung game, misi anda adalah menemui bos-bos. Bos-bos itu diantaranya adalah bos Ariel Sharon yang sekarang masih ‘koma’ di Israel. Saya masih belum selesai di misi ini, cukup sulit memang menemukan bos utama kita yaitu bos George W. Bush disebuah tempat yang tersembunyi. Kita harus melewati barikade penjagaan yang cukup ketat. Apalagi ketika kita mendekati seorang bos, bos itu sudah membawa senjata dan pas kita mendekat, si bos menembak dengan sangat brutal ke arah kita… Ckckck…

Tertarik main? Download aja gamenya di sini.

Lumayan daripada main CS produk orang AS, mendingan main produk Islami, dan tentunya aja produk Indonesia kalo emang udah ada yang bikin🙂 Game ini bisa dijadikan ajang penumpahan rasa marah anda terhadap Israel (grawl2)

4 thoughts on “Resensi Game : Al Fajr Al Intesaar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s