Keberanian Erdogan

Agaknya rant blog ini bisa menjadi motivasi kita untuk terus berjalan di jalan yang lurus dan senantiasa menegakkan kebenaran, sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya, secara berani dan ksatria, tanpa takut gertak dan hina..

erdogan_pm

Beliau bernama Rajab Tayib Erdogan (Turki : Recep Tayyip Erdogan). Beliau sekarang menjabat sebagai Perdana Menteri Republik Turki. Beliau berhasil meraih jabatan tersebut setelah mengalahkan Partai Republik, sebuah partai ultra-nasionalis, Kemalist, ultra-sekuleris, sekaligus Islam-phobis dalam pemilu tahun 2003 dan 2005 kemarin. Beliau adalah salah satu fungsionaris Partai Rafah (kemudian menjadi AK Parti), yang dimana Partai AK berhasil menguasai tampuk kekuasaan Presiden dan menduduki sebagian besar kursi di parlemen.

Erdogan adalah seorang muslim reformis yang tegas.. kisah-kisahnya bisa telusuri lebih lanjut dibawah ini..

Nama Erdogan sudah lama membuat kuping para sekuleris di Turki panas. Saat menjadi walikota Istanbul pada tahun 1993, Erdogan mengeluarkan sebuah pernyataan. “Menjadi sekuleris dan Muslim secara beriringan adalah berbahaya. Mereka (para Sekuleris) terus berkata, ‘Sekularisme dalam bahaya’. Dan itu (‘Sekularisme dalam bahaya’) akan terjadi. Anda (para Sekuleris) tak dapat mencegahnya. Negara-negara Muslim akan menunggu kebangkitan kembali para Muslim Turki. Kami akan melakukannya. Perlawanan akan segera dimulai”. Argumennya hebat banget kan?

Tahun 1998, Erdogan di penjara. Beliau dianggap menghianati asas Sekularisme negara. Tapi pada waktu itu beliau justru mendapat simpati dari rakyat banyak karena karakternya yang berani menegakkan kebenaran. Beliau adalah walikota terfavorit dari 200 walikota di Turki. Erdogan tidak kehilangan semangat dengan penangkapannya ini. Beliau justru mengubah sebuah puisi karangan Ziya Gokalp, yang menambah semangat para pendukungnya, yang sebagian besar adalah umat Islam di Turki. Berikut puisinya (terjemah kasar) :

Bahasa Turki :
Minareler süngü, kubbeler miğfer
Camiler kışlamız, mü’minler asker
Bu iláhi ordu dinimi bekler
Allahu Ekber, Allahu Ekber.

Bahasa Indonesia :
Masjid adalah barak kami,
Kubah adalah helm kami,
Menara adalah bayonet kami,
Orang-orang beriman adalah tentara kami.
Tentara ini menjaga agama kami.

Perjalanan suci kami adalah takdir kami,
Akhir perjalanan kami adalah syahid (di jalan-Nya).

Allahu akbar!

Perjuangan Erdogan terus berlanjut dengan terpilihnya beliau sebagai Perdana Menteri Turki tahun 2003. Tentu saja beliau masih memegang prinsipnya sebagai seorang muslim sejati dan pemberani. Beliau melegalkan penggunaan hijab yang hampir selama puluhan tahun dilarang di Turki. Kasus ini kemudian diselesaikan di Pengadilan HAM Uni Eropa (EHCR), dan akhirnya pemakaian hijab dianggap oleh EHCR bertentangan dengan prinsip sekularisme (artinya DITOLAK). MK (Mahkamah Konstitusi) Turki yang ditunggangi sekuleris dan militer semakin bernyanyi gembira  dengan hadirnya keputusan tersebut dan mereka langsung menolak mentah-mentah draf RUU Jilbab.

Erdogan juga dikenal sangat pro-Palestina. Bahkan pada saat menjadi pembicara pada sebuah diskusi internasional di World Economic Forum di Davos, Swiss, dia menyuarakan aspirasinya terhadap Palestina. Tindakannya ini bisa dibilang sangat berani dan luar biasa, karena dia duduk disamping Presiden Israel Shimon Peres! Erdogan tidak takut untuk menyatakan bahwa, “Israel adalah negara yang lebih daripada sekedar barbar”, dan beliau menatap tajam mata Presiden Israel Shimon Peres yang seolah cuek saja dengan Erdogan. Bersama Peres dan Erdogan juga ada Ban Ki-moon, Amr Moussa, dan moderator Mr. Ignatius. Ban Ki-moon dan Amr Moussa hanya diam melihat perdebatan ini.

Video lengkap :

Saat ingin melanjutkan argumennya, moderator diskusi langsung menghela Erdogan. Erdogan memprotes ketidakadilan tersebut. “Lihat, Shimon Peres diberikan waktu 25 menit untuk berbicara.. Sedangkan saya hanya 12 menit!”. Erdogan lalu meminta waktu satu menit lagi dan diperbolehkan. Toh, ternyata si moderator terus menginterupsi Erdogan sehingga Erdogan segera memutuskan untuk walk-out dari forum. Tepuk-tangan langsung membahana. Entah mendukung Peres atau Erdogan. Yang jelas, kebenaran lah yang harus didukung.

Erdogan walkout secara gentle

Melihat Erdogan, mungkin kita akan teringat pada sosok Najmuddin Erbakan, juga seorang PM Turki yang berani memperjuangkan Islam di Turki yang sekuler.. Kemudian, Erbakan digulingkan oleh militer..

Mudah-mudahan Allah selalu melindungi Erdogan untuk terus membawa perubahan untuk kebenaran..

dan mudah-mudahan figur seperti Erdogan akan bermunculan di negeri kita tercinta, Indonesia..

Amin!

19 thoughts on “Keberanian Erdogan

  1. assalamu alaikum.. sobat..
    waktu lht di tv.. seru banget …salut buat bp.erdogan…
    kita harapkan saja semoga bangsa indonesia bisa mendapatkan pemimpin yang teguh menjaga nilai islam dalam dirinya dan berani untuk menyuarakan dengan tegas…..wassalamu alaikum…

  2. iya nih, tokoh ini bener2 inspiring banget

    sempet dicap sebagai orang yang rasis (karena terlalu mementingkan agama), tapi ternyata bisa berlaku sebagai seorang negarawan sejati yang membela harga diri bangsanya di mata internasional

    salut!!!

    • @ semuanya : MR. Erdogan sudah memberikan contoh bagaimana seharusnya seorang pemimpin memperjuangkan aspirasi rakyatnya..
      dan bagaimana seorang pemimpin harus berani menegakkan kebenaran..

      sebagai gen penerus.. kita harus bisa mencontoh sikap-sikap baik, berani dan tegas yang dimiliki oleh MR. Erdogan

  3. Huebatt…
    hanya itu kata yang bisa diucapkannuntuk mengapresiasi sikap bpk Erdogan. Bila saja semua pemimpin negara muslim seperti ini, maka umat muslim tidak akan malu menatap tajam kepada orang yang anti muslim.

    Semoga Allah selalu memberkatimu, dan semoga saja engkau tetap istiqomah sebagaimana para jihadis n syuhada di bumi afghan, irak, palestine, kashmir, pakistan, chechnya, somalia, filiphina, n di bumi islam lainnya sehingga mereka angkat kaki dengan hina..

  4. ya..ya..ya..inilah pemimpin. ini baru bisa kita bulang LANJUTKAN…doa kami menyertaimu. Kalau Ahmad Dinejad….I love u PUULLLL: Endorgan I Miss U….

  5. ahh… biasa saja. belum ada apa2 nya dibanding apa yang telah diperbuat oleh para sahabat Rasulullah, yang lembut kepada orang Islam dan keras kepada kafirin/musyrikin. kalau cuma berkata-2, itu hal biasa. para sahabat nabi sudah benar-2 melaksanakan dengan sikap BTB (berani tampil beda) dengan para kafirin/musyrikin pada waktu itu. lihat saja tampang mr. Erdogan ini, apa bedanya dengan yang dia ajak debat. dari situ saja ga berani tampil beda. ga tau dah dari segi ilmu nya. apakah berani bersikap (bukan berkata-kata), dia akan meninggalkan semua perilaku (yang berciri agama) yang sudah didirikan oleh para kafirin, musyrikin dan para pendukungnya untuk kembali kepada apa yang telah diajarkan Rasulullah dan dicontohkan oleh para sahabat nabi ?
    mustahil. kecuali Allah memberikan hidayah taufiq kepada beliau, mr. Erdogan (dan tentunya ini kemungkinan akan ada resiko besar nya, sesuai cerita kehidupannya). insya Allah.

    • ios : mang tampang menentukan bro ? nggak pas kali ya…, yang jelas dia telah berbuat di kepekatan dunia yang dominan menyudutkan Islam, kalo ane, brasa belon ape2 nye dibanding die, kalo ente sih dah lebih sumbangsihnya buat Islam dari die ye…wallahu’alam

  6. @ ios : waduh si Ios otaknya di dengkul kali ya???.msa Pak Erdogan dibandingin ma Rasulullah Muhammad SAW manusia paling sempurna iman dan akhlaknya..mikir donk???…,Pak Erdogan emg inspiring bgt buat pemimpin di dunia untuk saat ini…mudah2n tetep istiqomah memperjuangkan nilai-nilai Islam di Turki…lawan Zionisme dan Sekularisme dan hancurkan dari dunia ini…Allahu Akbar !!!

  7. alhamdulillah puji syukr pd ALLOH yg mh kuasa,trnyt mash ada pmimpin yg sejati,yg mau mmprjuangkn kebenaran yg hakiki,sekuler tlah mngubr hidup – hidup islam sejati di turki,smg pak erdogan dbrkn kekuatan lahir bathin tk mmbwa perubahan di turki ammiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s