Rakyat 3GP

DOWNLOAD 3GP DISINI!!

Handphone diduga mulai mewabah di Indonesia sejak tahun 1997-1998.
Dari awal mula reformasi, saat HP masih berbentuk monokrom dan berbunyi monoponik (ni-nut-ni-nut) sampai ke dalam bentuk yang complicated saat ini (backgroundnya udah gambar Inul lagi ngebor dan sudah bisa nyanyi lagu Trio Macan dkk), dimana HP sudah menjadi budaya sebagian besar masyarakat Indonesia mulai dari Aceh sampai Merauke sana. HP yang kebanyakan orang Indonesia miliki saat ini adalah HP yang minimum spesifikasinya adalah HP berwarna, dengan kamera se-enggaknya 1 MP dan bisa bluetooth-an, bahkan kalo perlu bisa internetan.

mnuh

Bapak Menkominfo kita, M Nuh. Numpang nampang ajah disini ^0^.

Yap. What I gonna tell you is about 3GP. 3GP adalah salah satu dampak dari kesuksesan wabah HP di Indonesia. 3GP sendiri adalah nama format video dari HP berkamera, meskipun beberapa HP memakai format mp4 (seperti HP saya, N73 sekon yang udah kebanting beberapa kali, bahkan udah ada baret2nya).

3GP sendiri sudah cukup sering menjadi headline media cetak dan elektronika Indonesia akhir-akhir ini. Mungkin kita terakhir kali mendengar kasus skenario tonjok-tonjokan antar sesama bintara polisi di Sulteng. Video itu bukan direkam pakai handycam yang harganya sampai sekarang lumayan mahal, tapi dengan memakai HP berkamera yang notabene harga secondhandnya sekitar lima ratus ribu sampe satu juta rupiah. Yah ga mahal-mahal amat lah, hingga masyarakat level menengah ke bawah sudah bisa punya..

Dengan murahnya harga HP berkamera, semakin banyaklah kalangan-kalangan yang punya HP dan semakin bervariasi pula video-video yang diproduksi oleh HP-HP tersebut karena heterogennya populasi. Tapi, video yang selalu bikin geger adalah video kekerasan antar-siswa. Pertama kali yang bikin geger dan pecah gendang telinga orang (lebay) adalah video Geng Nero. Geng yang mau sok eksis ini malah kena batunya saat ketauan oleh Polisi. Mereka diduga sengaja direkam , lalu menyebarkan video dengan maksud mempertunjukkan kehebatan geng mereka (supaya ga macem-macem, btw, kasus ini juga modus operandinya geng Nero versi Kupang).

gila-juga

Headline pos kota tentang geng Nero (geng pembakar atau geng pem-burn CD?)

Video 3GP yang juga bikin geger adalah pastinya, ehm, tentunya, uhuk, video skandal mesum antara pejabat vs siswi lah, siswi vs siswa, dan lain-lain. Selalu ada banyak variasi untuk video mesum ini. Di internet pun anda bisa mencarinya secara sangat mudah. Kebanyakan file-file 3GP ini berjudul – contohnya – “Skandal SMAN 1 BOYOLALI” atau “xXx-GeNg NeRO-XxX”.

Entah kenapa, media massa seolah tunduk dengan video 3GP (jelas, 3GP kan juga ada unsur informasinya) . Malah salah satu media massa mempioneri pelaporan kasus kekerasan di STIP diawali dengan adanya sebuah rekaman 3GP. Boleh dikata, 3GP sudah merasuk di dalam budaya masyarakat Indonesia.

Tapi toh, 3GP bisa dibilang membodohi orang. Video 3GP hampir semuanya berkonten kekerasan, humor yang “gitu deh”, juga porno. Inilah yang ditangisi oleh ERK dalam lirik lagunya “Kenakalan Remaja di Era Informatika”

Senang mengabadikan tubuh yang tak berhalang..

Padahal hanya iseng belaka..

Rekam dan memamerkan badan yang lainnya

Mungkin hanya untuk kenangan…

One thought on “Rakyat 3GP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s