Earth Hour 2009

Satu jam saja.. ku pasti bisa.. matikan lampu, lampu, lampu.. ‘tuk bumiku
ST12 – Saat Terakhir

Yak, quote diatas bukanlah LIRIK ASLI dari lagu Saat Terakhir-nya ST12. Itu sudah gue ubah dengan beberapa penyesuaian untuk artikel ini.


Earth Hour, atau secara global juga dikenal dengan gerakan “Vote Earth” (“Pilih Bumi”) adalah sebuah program yang dicanangkan oleh organisasi lingkungan dunia yaitu WWF (World Wildlife Fund). Program ini mulai diujicoba pada tahun 2005 di Thailand, dan hasilnya cukup sukses. Setelah itu, Australia menjadi pionir pertama dalam program Earth Hour 2007, dan kemudian ide Australia ini mulai diikuti oleh banyak negara berkembang dan negara maju di seluruh dunia.

Earth Hour 2009 kali ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2009, pukul 20:30 di seluruh dunia (waktu disesuaikan dengan zona UTC). Cukup banyak partisipan pada program Earth Hour 2009 ini, mulai dari kota Pyongyang di Korea Utara (ah.. Pyongyang mah selalu ada jam malam, jadi gelap banget setiap malam) sampai ke penjuru Lusaka di Zambia. Jakarta pun juga ikut dalam aksi mati lampu ini dan telah didukung oleh banyak institusi termasuk dari Pemerintah sendiri.

Bang Foke sebagai Gubernur DKI Jakarta sangat mendukung program ini. Beliau menyatakan bahwa beberapa zona/nadi utama kehidupan Jakarta seperti daerah Semanggi, Sudirman, Menteng dan sekitarnya akan mengalami pemadaman listrik selama 60 menit, Sabtu malam nanti. Tidak tertutup kemungkinan, surrounding area of Jakarta seperti Bekasi, Bogor, Depok, dan Tangerang juga ikut-ikutan pemadaman listrik (tergantung Walikotanya yah.. :D)

Nah, nantinya saat Earth Hour diadakan, maka jalan-jalan akan dibebaskan dari kendaraan dengan koordinasi Kepolisian. Tentunya, kita pada malam minggu ini akan menikmati sebuah keheningan nan syahdu, tanpa dindinan mobil, atau asap yang menyesakkan dada. Just take a walk without street light, only with dim of moonlight.

Kenapa harus “Vote Earth”?
Mungkin beberapa dari lo masih cuek bebek sama masalah yang cukup penting yang dihadapi oleh bumi kita, yakni The Global Warming. Huh, iya gak seh? Tapi, walaupun keliatannya peduli, kadangkala kita masih belum sepenuhnya “Vote Earth”. Belum mendukung bumi dengan masih menyalakan AC dingin-dingin, lupa ngelepas plug laptop, lupa matiin lampu, dan.. lain-lainnya (ini mah gue juga). Sebaiknya lo segera stop kebiasaan lo itu dan “Vote for Earth”.

Beberapa alasan berikut ini memberikan lo keyakinan untuk “Vote Earth”
1. Ini mungkin jadi pertarungan antara dua kandidat sama kuat, Bumi atau Global Warming dalam sebuah pemilihan global untuk mendukung satu diantaranya. Tanpa sadar, kita cenderung mendukung program Global Warming dan menganggap bumi yang kita tinggali hanyalah “bumi” tempat berpijak yang tidak perlu dirawat. Sebenernya “Vote Earth” bukan hanya dengan menghemat listrik atau sebagainya, tapi juga kesadaran-kesadaran lain seperti membuang sampah pada tempatnya. Kelihatannya 90% siswa/i SMA belum sepenuhnya ngeh dan melakukan “buang sampah pada tempatnya”, kecuali kalo disuruh. Itu hal terkecil loh, untuk menyelamatkan bumi yang kita cintai.
2. Sebenernya dengan program “Vote Earth” ini, lo bisa menyumbang sekitar berapa ribu kWh untuk sejumlah besar GWh yang akan dihemat oleh dunia. Luar biasa bukan? Bila di satu kota ada sekitar seribu rumah, berarti sudah berapa MWh yang berhasil di save? Sudah sebanding dengan kekuatan sebuah PL/Power Plant yang menyokong listrik se-Jawa Bali. Gak perlu repot-repotlah kalo nanti kita habis bahan bakar, ga bakal ada lagi istilah “pemadaman bergilir”, yang terkadang pemadaman bergilir ini disebabkan oleh ulah kita sendiri yang boros dengan listrik
3. Jalan kaki atau naik sepeda juga salah satu cara lo buat nge-“Vote Earth”. Coba aja deh, misalnya lo mau pergi ke Mesjid yang jaraknya cuma sepelemparan batu dari rumah lo dan apakah lo mesti naik motor atau malah mobil kesana? Gila aja. Subuh-subuh gitu enakan ke masjid jalan kaki, hitung-hitung dapet O2 seger dan bisa olahraga, atau misalnya mau ke Sekolah, yang jaraknya dari rumah lo kira-kira 5-8 km. Lo paling bisalah menghemat fuel di motor lo dengan naik sepeda. Olahraga banget loh, yah tentu saja dengan resiko lo akan keringetan lumayan banyak. Tapi kalo ridenya santai ngga bangetlah.
4. “Vote Earth” bakal ngebuat anak cucu kita semua hidup lebih baik lagi. Mereka bakal merasakan sebuah hidup yang indah karena kita. Tidak seperti cerita-cerita bahwa tahun 2020 nanti kita akan kehabisan air, sedih sekali.. bahkan anak cucu kita berperang hanya untuk emas putih yaitu Air. Makanya dari sekarang yuk ah.. kita lestarikan berbagai sumberdaya untuk masa depan kita. Jangan boros dalam memakai apapun!

Seandainya seluruh Jadebotabek bener-bener mati lampu
Maka.. inilah penghematan satu jam yang mungkin bisa kita lakukan :
• 300MW (cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik dan menyalakan 900 desa)
• mengurangi beban biaya listrik Jadebotabek sekitar Rp 200 juta
• mengurangi emisi CO2 sekitar 284 Ton CO2
• menyelamatkan lebih dari 284 pohon
• menghasilkan udara bersih untuk lebih dari 568 orang.

Yah, gue harap dengan posting gue ini, lo berniat untuk bergerak demi Bumi yang lebih Segar, Sehat dan Cerah Ceria.
..dan tentunyaaa.. ikutan “Earth Hour 2009”

Dalil Agama
Sekali lagi inget firman Allah di surat Ar-Rum 41.. yang pernah lo hapalin pas pelajaran Agama…

“ظَهَرَ ٱلْفَسَادُ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِى ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ ٱلَّذِى عَمِلُوا۟ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ”

Telah nampak kerusakan di lautan dan bumi disebabkan oleh perbuatan dan ulah manusia sendiri supaya mereka bisa merasakan apa yang telah mereka kerjakan dan kembali ke jalan yang benar

dan surat Ar-Ra’du 11

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ

Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan sesuatu kaum hingga mereka merubah keadaan mereka dengan usaha mereka sendiri

atau mungkin beberapa ayat dari Alkitab..
Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi? (Yoh 3:12)

Save our mother earth and…

Adios!

NB : Haha.. meskipun tulisan gue bernada aktivis WWF bangeet, tapi gue bukan aktivis kok. Gue hanya freelancer writer yang berharap tulisan gue ini ada yang lihat dan komen, sukur-sukur masuk majalah

8 thoughts on “Earth Hour 2009

    • @ ka visi : hmm sebenernya ga cuma tidur aja sii..
      bisa juga bakar-bakaran ayam/jagung/ikan.. menikmati temaram bulan..
      atau gonjreng2 gitar..
      @ delta : hha iya iya.. bakal dimatiin.. dont worry bang foke udah insturksikan ..dan selama satu jam.. yah.. kita menikmati sebuah hidup tanpa listrik..
      @ MT : YOI PAK MT!! SATUKAN LANGKAH!

  1. baguslah, entar pas mati lampu gw tidur aja😄, beres kan?
    hhoho.

    Wow, walaupun inti video nya matiin lampu doang, tapi gw suka banget~
    Kereeen. Hemat nyokkk hemat….

  2. kayak nyepi loh gue

    krn trnyata bokap gw mnyuruh ikut earth hour..
    jd gue ga da krjaan..

    alhasil gue dan bokap nyokap dan ade gw nyanyi2 pk gitar-biola-harmonika brisik bgt. malem2.

    au dah tetangga gw pada mikir apaan. hahahaha

  3. @ nurul :
    wahaha……
    itu bagus kan?
    bikin konser malah lo.. hahaha.. mantap!!

    gue pas mentoring,.. cuma satu lampu doang si yg dinyalain hhe.. maunya pake lilin.. tp si empunya gamao hhe,.. ntar ga kebaca tulisannya -0-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s