Even cheating can be in this level!

Memang, kecurangan mudah dilakukan. Sangat mudah. Anda hanya perlu untuk tidak diketahui oleh yang mengawas anda.. ya beside Allah swt yang memang selalu mengawasi. Bahkan kalau yang mengawas berkolusi dengan anda, terjadilah sebuah lingkungan kecurangan yang sangat luar biasa ‘indah’ tapi menyebalkan.

Seperti yang terjadi beberapa hari lalu saat saya mengikuti ujian praktik di sebuah SMAN ternama dan terkenal di Ibukota. Ini karena di sekolah saya fasilitasnya minim untuk menjalankan ujian praktik yang diadakan oleh UCLES dari Cambridge.

Nah.. tepat sehari sebelum ulang tahun saya, 13 Mei.. saya mengikuti ujian praktik Biologi yang diadakan sekitar jam 10 am – 12 pm. Saya.. jujur agak.. gugup, tapi setelah melihat soalnya ternyata cukup simpel, terutama soal tentang observasi mikroskop.

Tapi entah kenapa.. ada beberapa hal yang ganjil saat saya sedang mengikuti ujian praktik Biologi ini. Pertama, standarnya di ruangan ujian hanya ada maksimal 3 pengawas.. satu orang pengawas independen (dari guru mata pelajaran selain Biologi) dan dua orang laboran (guru biologi dari sekolah bersangkutan). Yang ada di ruangan praktik ini malah guru-guru Biologi yang bersliweran masuk-keluar.. ada sekitar 4-5 guru Biologi.

Kedua, yang paling parah.. bantu-membantu. Di peraturan Cambridge sudah tertulis bahwa pengawas praktikum hanya memberikan asistensi kepada kandidat jika kandidat susah mendeterminasi warna (misal pada test quantitative), bukannya cara bagaimana prosedur eksperimen tersebut apalagi memberikan bantuan petunjuk menjawab kepada kandidat. Prosedur eksperimen toh tidak perlu diberitahu lagi, sudah sangat jelas tertulis di soal ujian.

Bantu-membantu inilah yang membuat saya sangat kesal, terutama beberapa teman saya yang sempat ngeh. Saat itu saya berkonsentrasi pada eksperimen pengaruh enzim pada konsentrasi, jadi tidak terlalu mengamati kecurangan yang terjadi. Tapi yang sempat saya dengar dan lihat adalah siswa malah jadi banyak tanya dan banyak minta.. kata temen saya, “Lemay!”

Bahkan ada guru yang ngga segan2 untuk memberikan bantuan pada anak muridnya dari sekolah yang bersangkutan ini, kecuali kandidat2 dari sekolah lain yang didalam hati hanya bisa gemes dan kesal melihat segala ini terjadi..

Hanya ada satu pengawas yang bekerja secara profesional.. jika ditanyai murid,beliau tidak bersedia memberikan jawabannya, hanya memperjelas maksud soal. Selebihnya beliau akan berdiam diri. Teman-teman saya, mendengar dari percakapan anak sana, beliau yang menjadi pengawas ini cukup di.. benci dan dipermainkan oleh anak-anak sekolah bersangkutan

Saya sadar, toh kecurangan kolusif terlalu mudah dilakukan ternyata.. (terutama di negara-negara yang rakyatnya sudah biasa.. ehm..) bahkan di ujian selevel Cambridge sekalipun. Apalagi di ujian ini tidak ada pengawas independen dari Cambridge.. biasanya ada satu yang standby.. tapi mungkin sedang mengawas sekolah lain..

Yah, Cambridge mengakui kecurangan still possible, terutama di Coursework. Coursework sendiri berupa paper yang dibawa pulang
untuk dikerjakan di luar jadwal ujian.. dan peluang kecurangannya sangat besar. Tapi Cambridge sudah aware dengan hal ini, dengan memberikan limitasi waktu pengumpulan, kandidat diusahakan mengerjakan di sekolah, dan lain-lain.

Bahkan, setelah baca-baca bbc.co.uk, pernah terjadi kecurangan saat IGCSE Music diadakan. Beredar kabar bahwa ybs guru musik di sebuah sekolah di Britania Raya memutar CD untuk ujian dihadapan siswa/i-nya. Yang bersangkutan pun harus bayar denda dan dipenjara oleh polisi UK atas dasar pembocoran rahasia.

Akhirkata, apapun kecurangan itu, tidak akan membawa berkah pada yang melakukannya..

6 thoughts on “Even cheating can be in this level!

    • @ Don_By : hah.. gue juga gatau.. nih kayanya kultur Indonesia udah bikin kita seperti ini terbiasa ama kecurangan.. ampe ujian sekaliber Cambridge pun kaya gini jadinya grmml

  1. di 8 belom kedengeran nih contek-menyontek.. sayangnya SDM Cambridge juga terbatas, padahal lebih valid lagi hasilnya kalo Cambridge juga turun tangan dalam pengawasan ujian

Tinggalkan Balasan

