Mengenal Pacitan Lebih Dekat

Pacitan, sebuah kabupaten di Jawa Timur akhir-akhir ini namanya mulai diperbincangkan banyak orang dan muncul sebagai headline media cetak dan elektronik setelah seorang artis dangdut kenamaan, Jupe, mencalonkan diri sebagai Bupati Pacitan. Padahal, pada mulanya, Pacitan tidak pernah muncul dan diperbincangkan masyarakat. Pacitan seperti sebuah daerah antah-berantah dan tersembunyi di Jawa..

Nah, dalam posting ini, saya mencoba untuk menjelaskan tentang Pacitan, karena Pacitan yang selama ini hampir tidak dikenal oleh warga padahal memiliki potensi yang amat besar.

Kebetulan, saya juga sering ke Pacitan, karena dekat dengan kampung mbah saya di Madiun.

Pacitan adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung paling barat Provinsi Jawa Timur, dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Pacitan sendiri bukanlah sebuah kabupaten yang luas, karena luasnya hanya sekitar 1.389 km persegi.

Sekilas Potensi Pacitan

Potensi pariwisata Pacitan

Pacitan, tidak seperti daerah kabupaten di Jawa yang lainnya, tidak memiliki tanah yang subur. Kebanyakan tanah Pacitan itu terdiri dari pegunungan kapur dan pesisir pantai, jadi sangat tidak cocok untuk pertanian, walaupun sebagian daerahnya tetap bisa menghasilkan padi yang cukup untuk konsumsi daerah dan luar daerah.

Tapi, walaupun pertanian Pacitan tidak begitu bisa diandalkan, Pacitan punya sesuatu yang bisa diunggulkan, yaitu pariwisata. Pacitan merupakan daerah pesisir, sehingga memiliki banyak pantai. Diantara pantai yang cukup terkenal di Pacitan adalah Pantai Teleng Ria. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya, ombaknya, dan luasnya. Pada liburan panjang, seperti idul fitri, Pantai Teleng Ria biasanya penuh sekali oleh turis-turis domestik.

Tidak cuma pantai, karena konturnya yang berbukit, Pacitan juga dikenal sebagai “Kota Seribu Goa”. Bahkan goa-goa di Pacitan dikatakan sebagai goa terluas di kawasan Asia Tenggara! Diantara goa-goa yang ada di Pacitan adalah Goa Gong, Tabuhan, dan Luweng Jaran.

Sumber Daya Pariwisata yang dimiliki oleh Pacitan memang tidak boleh dibiarkan. Dalam tahun-tahun kedepan, Pacitan harus memaksimalkan pembangunan infrastruktur di bidang pariwisata, misalnya dengan memperbaiki dan membangun hotel-hotel baru di kota Pacitan.

Masalah-masalah Pacitan

1. Pacitan adalah daerah yang rawan kekeringan. Seperti yang tadi sudah saya sebutkan di atas, bahwa Pacitan bukan daerah pertanian yang begitu bagus karena terletak di daerah kapur.

2. Lokasi Pacitan yang remote. Remote disini artinya terpencil. Ada beberapa desa yang letaknya sangat susah untuk dijangkau karena medan yang ekstrem dan akses yang terbatas. Terutama jika anda ke Pacitan lewat Ponorogo, anda akan melihat pola tempat tinggal warga yang terpencil dan terpisah-pisah karena berada di perbukitan.

3. Tidak meratanya pendidikan. Poin nomor 2, yakni lokasi Pacitan yang remote dan susah untuk diakses, sangat menyulitkan untuk pemerataan pendidikan. Walaupun pemerintah Kab. Pacitan telah berusaha untuk membangun beberapa sekolah, meski di perbukitan sekali pun, tapi jumlahnya tidak mencukupi. Tidak meratanya pendidikan di Pacitan telah menyebabkan Pacitan kekurangan SDM yang bagus.

Lalu siapa yang layak memimpin Pacitan?

Jupe bareng mantan suaminya, Damien Perez

Terbitnya nama JUPE pada pilkada Pacitan kali ini memang banyak pro-kontra. Jika ditanya, memang, ada saja masyarakat Pacitan yang menjawab “iya” untuk JUPE. Alasannya macam-macam, mulai karena JUPE “populer”, “cantik”, dan “boleh saja”.

Tapi, saat kemarin JUPE ditampilkan di tvOne dalam acara di balik langit berita, seolah JUPE kehabisan kata saat dihadapkan dengan orang-orang yang memang mengerti Pacitan. Saat menghadapi ketua Paguyuban Masyarakat Pacitan dan juga narsum lainnya, JUPE cuma bisa tersenyum melas dan pasrah, serta menjawab pertanyaan secara biasa saja, seolah memang tidak ada pengalaman. JUPE justru banyak dibantu oleh Gusti Randa, sejawatnya saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan.

Menurut saya, yang layak memimpin Pacitan adalah mereka yang putra Pacitan, orang asli Pacitan. Cabup Pacitan setidaknya harus sudah pengalaman dan orang yang ahli dalam pengembangan infrastruktur, terutama dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata. Mungkin memang susah mencari orang-orang seperti itu, tapi yakinlah, pasti ada satu-dua orang selain JUPE yang bisa memimpin Pacitan.

Mudah-mudahan Tuhan memberikan pimpinan yang terbaik untuk Pacitan tahun ini pada pilkada 2010, semoga Pacitan bisa sebagus dan setenar putranya, pak SBY (yang JUPE pun gak tau kalo Pacitan itu kota kelahirannya pak SBY *duh*)..

5 thoughts on “Mengenal Pacitan Lebih Dekat

  1. Gue sih sependapat sm yg nentang. Masalahnya bukan apa-apa, kita tau kan dia di dunia ke-artisan aja kaya apa dan tiba2 mau belagak jd politisi. Dia bahkan blm pny pengalaman sm sekali juga. Jadinya kaya untung2an gitu doang. Meskipun kabarnya juga jupe bersedia loh meninggalkan dunia keartisan demi ‘membangun’ pacitan. Lgpl kl emg pengen diwakilin artis, masi banyak artis lain yg seengganya ‘lebih’lah dibanding beliau. Gue jg setuju sm lo za ttg yg mimpin harusnya org pacitan asli. Krn mereka yg ngerti daerah mereka sendiri juga sih. Hm

  2. @ khonsss : JUPE walopun insist banget ninggalin keartisan, walaupun dibantu ama tim sukses ato apapun kalo emang kepilih jadi bupati pacitan.. ya gue gak bisa bayangin deh pacitan kaya apa.. =_= kalo kata gue gajinya jadi artis lebih gede deh daripada jadi bupati pacitan (y)

  3. Wisata Pantai Klayar akses jalan sebagai tanda kutib bagaimana tuh pak Bupati Pacitan ……….apa presidennya ganti jadi mandeg ? sayang kalok gak diterusin hehehe
    Medio Januari 215 tererkam masih banyak pembenahan tuh baik Lokasi Pantai nya ataupun Infrastruktur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s