Rencana Libur Semester II [WACANA]

Baru wacana sih, sebenarnya.

Terpikir setelah tadi ngobrol-ngobrol iseng sama temenku, Abay tentang rencana liburan pas UAS II bulan Juli nanti, sekitar 1 setengah bulan. Menurutku, itu bakal jadi gak berguna kalo pas liburan cuma di rumah aja.

Rencana mantep ini adalah sebuah rencana jalan-jalan ala backpackers. Ya, gak musti jauh-jauh sih, aku sama Abay baru ngerencanain untuk ke Kamboja, Laos dan Vietnam [Trio dari Quad Komunis di ASEAN dan IndoChine]. Kita bakal jalan via darat – pake bus-lah, pake kereta-lah, pake motor-lah, pake kaki-lah. Mungkin ada yang via udara, pake maskapai Merah itu deh, yang kita semua tau😉

Kenapa harus ke 3 negara itu? oke, aku bakal jelasin.


1. Laos atau nama rumitnya Republik Demokratik Rakyat Lao. Masuk dalam rekomendasi Lonely Planet sebagai sebuah negara wajib kunjung kalau kamu lagi kekurangan duit, atau lagi mau berpergian hemat😀 Di Laos, yang dulunya bagian dari IndoChina, banyak banget situs bersejarah yang gak rugi buat dikunjungin. Contoh aja, Luang Prabang dengan pagodanya yang cakep, atau sekedar ke Vientiane untuk ngeliat bekas kolonial yang berbaur dengan kebudayaan lokal.

2. Kamboja. Kerajaan ini beken dengan Angkorwat dan Khmer Rogue-nya. Jadi ya, 2 hal itu lah yang wajib ditilik kalo kita ngunjungin Kamboja. Angkorwat yang jadi kompleks candi Hindu-Buddha terbesar di Asia, dan juga sisa-sisa dari rezim Khmer Rogue yang kejam – mulai dari display tengkorak hasil genosida Pol Pot sampai ke bekas tank-tank yang dipamerkan di museum perangnya. Komunitas Muslim Kamboja juga menarik untuk diamati, dan ada satu tempat dimana mereka masih tersisa dan bertahan, Kampong Cham.

3. Vietnam. Dengan bahasanya yang unik, yaitu bahasa Cina yang disesuaikan menggunakan abjad Latin, serta (lagi-lagi) paduan kolonial khas Perancis dan lokal, serta sejarah Perang Vietnam-nya, rugi banget kalo ngelewatin Tanah Paman Ho ini. Vietnam juga terkenal dengan Halong Bay-nya, yang sekarang mulai terkenal dan jadi nominasi no 1 untuk memenangkan 7 New Wonders of the World. Kuliner khas Vietnam juga ada yang diadaptasi dari kultur kuliner Perancis, ada baguette versi Vietnam dan yang paling spesial, es kopi susu yang jos dan nendang banget.

Yah, mudah-mudahan aja bisa terealisasi.

Sekalian ngajak teman yang lain juga kalo mau ikut.🙂

One thought on “Rencana Libur Semester II [WACANA]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s