NTUMUN [3]

The last part of the sequel.
Enjoy!

Now, it’s time for adventure, pusing pusing di Temasek!
Setelah capek-capek conference di NTUMUN – gw, Robie, Hanif sama Ari mutusin buat gabung bareng jadi tim bolang ria, our objective is having fun as much as possible and spend our time effectively before departing back to Jakarta!😀

Nah, cerita awalnya dimulai setelah gue check out dari NEC (Nanyang Executive Center). Pertama, dengan membawa koper segede gaban yang beratnya gak nanggung-nanggung, gue pergi ke Asrama Mahasiswa NTU dulu, tempat si Hanif nginep (numpang temennya yang kuliah di Mathematical Science NTU & Chemical Engineering NTU). Yah, tempat dari NEC ke Dormitorynya gak begitu jauh, tapi dengan bawaan yang banyak banget, gue jadi capek juga. Sampe di Dorm, gue stay sebentar di kamar temennya Hanif. And the room is, resembles much the life of a varsity guy. Berantakan, buku dimana-mana.. haha.

Kamarnya, kalo gue bilang, lebih bagus di Dharmaputra Residence UGM, karena untuk dua orang kamarnya gede banget. Kalo di NTU, kamarnya aga kecil (untuk dua orang juga), dan gak ada attached shower room.

Habis settle dan si Hanif beres-beres barangnya akhirnya kami pergi ke MRT pake taksi. Kenapa pake taksi? Awalnya sih cuma mau foto bareng di depan plang NTUnya, supaya dapet kesan kalo kita bener-bener ke NTU. Taxi drivernya is an Indian, but he’s speak Malay really good. So the conversation’s going liek this,
“Sir can u speak Malay?”
“A, i speak Malay quite well.. nak kemane you?”
“Kami nak pergi to NTU signpost..”
“Signpost?”
“Plang.. eh plang apa sih bahasa Melayunya ”
“What signpost?”
“Tanda batu besar?”
“Aah, batu besar NTU? Kita punyalah.. besar sangat itu batu”
Wah, kami semua udah seneng duluan. Dibawa ke plang NTU yang gede, lebih gede mungkin dari yang pernah kita lihat..dan ternyata.. our expectation is much much different than that what we thought of. Sial sekali. Ternyata kami dibawa ke gerbang ala Cina, gede banget. Kata si pak sopir, itu gerbang NTU yang tertua. Beda yang dengan kami maksud, yaitu plang NTU yang ada logo NTU sama tulisan “Nanyang Technological University”. AAARGH, sempet dongkol, tapi akhirnya kami sepakat buat foto-foto aja disana, :p. Sebagai bukti dari NTU (apa dari China Town?)

Habis narsis2an sebentar, kami berangkat ke stasiun MRT Boon Lay buat berangkat ke arah MRT Serangoon. Ternyata ada sesuatu yang berbeda hari itu. Rombongan kami dicegat sama satpam cewek sebelum ke area platform..
“Stop, young boy.. Please put your baggage on that table and open it, I’ll check”
Gue sempet kaget, ini kenapa ya? Padahal biasanya gue bawa bagasi gede2 gak dicegat sama securitynya.
Akhirnya koper gue, Ari sama Hanif dicek.. dan ga ada apa2 (iya lah, isinya juga baju cucian yang bau banget, haha). Kecuali si Robie yang cuma bawa 2 backpack, jadi selama gue dkk digeledah, dia santai aja.
Selesai diperiksa, gue sempet ditanya ama satpamnya.
“Where are you come from?”
“Indonesia…”
“Oh Indonesia.. Saya bisa cakap Indonesia bagus la, sebab saya pernah punya teman dari Cilacap”
Hening sebentar, terus kami ketawa. Buset, dari CILACAP? TKW kali tuh! Wakaka..
“Shh.. ! Don’t laugh! Jangan banyak cakap ye..”
“Wow, dari Cilacap?”
“Iya, dulu saya pernah kerja ngan dia”
“Ooh..”
Akhirnya setelah ngobrol dan ketawa-ketiwi sama satpam cewe India ini, kami cabut dari MRT Boon Lay ke arah Serangoon. Rencana awalnya, kami mau nginep di The Hive yang superpewe itu. Nyampe sana, udah capek-capek transit dua kali, keliling 1 jam lebih, eh ternyata kamar disana udah penuh. Grrrr. Dan dipenuhinnya sama orang2 Indonesia juga (tepatnya sih banyak orang Jakarta) – those weekender yang cuma pengen beli barang, ngirup udara di Orchard, terus ya pulang lagi.

Akhirnya, kami terpaksa jalan – bawa koper dengan beban yang malesin banget ke daerah Little India. Finally, kami nyampe juga di hostel Fernloft. Eh ternyata disitu rame juga, dan akhirnya kami nyingkir ke hostel sebelah, Ark259. Pas disini, ada kejadian menarik. Hanif is the main actor here. Ceritanya, dia yang nanya-nanya harga hotel segala macem. Terus ternyata dia itu menegokan harga nginep di hostel itu dengan sangat signifikan, 43% more cheaper than usual price, man!
Tadinya kami mau ditempatin di mixed dormitory, cuma karena keramean, akhirnya kami mending nyari private room yang double deck. Eh ternyata ada, tapi harganya 140 SGD per night. Sama si Hanif, harga ini ditawar sampe jadi 60 SGD!

Hanif, the boy

Gak kepikiran gimana bisa harganya jadi turun sampe semurah itu, but anyway he’s a Minang, so jangan heran dan jangan bingung kenapa dia bisa menego harga sampai semurah itu *ga ada maksud SARA atau apapun yah ;)*. Dia sempet bilang, “Ada gunanya juga keahlian tawar menawar ala nenek moyang gue”. Hahah, salut gue nip!
Kamarnya lumayan sempit lah, tapi lumayan buat sekedar renggangin badan, ama ngelurusin kaki.


Habis nyantai sebentar, kami berangkat makan ke Little India yang cuma sepelemparan batu doang. Di Little India, kami mampir juga ke Mustafa Center – pusat kulakan macam Mangga Dua yang buka 24/7. Di situ si Hanif beli speaker, gue – Robie – Ari beli oleh2 buat orang rumah dan temen2 kuliah. Gue juga cuma bisa mupeng ngeliat barang2 elektronik disana yang dijual dengan harga yang cukup miring, tapi karena uang gak cukup, akhirnya cuma bisa ngurut dada dan balik lagi ke hostel.

Nah! Besok paginya kami bangun kesiangan. Maklum, baru pulang dari Mustafa Center jam 12 lewat. Akhirnya, setelah solat, beres-beres barang, mandi, sama makan roti tawar sepuasnya sebanyak-banyaknya sampe enek sendiri, kami berangkat ke Bras Basah.
Di Bras Basah, we’re going to National Museum. Karena kemaren gue sama Ari ga kesampean kesana, akhirnya pas bareng berempat gini nyampe juga di museum yang klasik, keren nan kece ini. Tiket masuknya 5 SGD, tapi nunjukin KTM dulu (ternyata KTM Indonesia laku juga di Singapur, hahaha). Aseeek, padahal kalo adult normalnya 10 SGD lho.

Pas masuk museum, kita sempet mampir dulu ke living gallery, pertama ke Movie Gallery terus habis itu ke Fashion Gallery. Nah, the most interesting part dari kunjungan di museum ini adalah di main gallery of the museumnya. Jadi National Museum of Singapore punya konsep yang mantep banget, yang membuat pengunjungnya seolah berjalan sambil mendengar cerita tentang Singapore lewat iPod.

Awal masuk history gallery, gue merinding. Ada ruangan yang dindingnya itu dihiasin video mosaik kehidupan sehari-hari di Singapore dengan iringan lagu orkestra yang khusus dibuat untuk video ini. Gue speechless. Magnificient! Andai di Museum Nasional Indonesia dibikin macem gini juga.

Terus setelah nikmatin video mosaik itu, akhirnya my trip started. Pertama gue masuk di bagian prasejarah, tentang cerita The Stone of Singapore. Lagi-lagi gue dibikin merinding dengan narasi cerita tentang batu ini. The Stone of Singapore adalah artefak tertua yang ada di Singapur, ditemuin pas jamannya Raffles. Banyak yang nyoba nerjemahin tulisan yang ada di batu ini, tapi mereka gak bisa, dan maksud dari tulisan di batu itu gak ada yang pernah tahu, cuma Tuhan aja yang tahu segala maknanya.

Wow.

Gue rasa kalo Yupa Kutai diceritain dengan cara yang misterius macem itu akan menarik orang juga lho. Haha.

Oke, cabut ke fase-fase sejarah berikutnya. I enjoy all part of that, except sometimes I’m moving too fast when I switch from one phase to another, karena gue juga ngebarengin sama langkahnya Robie,Ari sama Hanif. Setelah perjalanan sekitar 60-menit ngelilingin obyek-obyek dan koleksi bersejarah Singapore akhirnya gue keluar juga dari museum itu. Bener-bener gak bisa dilupain. Mudah-mudahan Museum Nasional Indonesia juga bisa dipermak jadi sekeren itu.

Habis itu kami jalan ke Masjid di daerah Bugis, nama mesjidnya Hajjah Fatimah. Masjid ini kepunyaan orang Melayu. Masuk ke mesjid itu, yah gak jauh beda ama mesjid di Indonesia, tapi nuansanya lebih Melayu. Beside, di mesjid itu gue nemu benda unik, kaya kotak infaq yang dipake di masjid itu ternyata storage box, jadi kalau mau unlock mesti pake kode dulu. Wow lagi.

Ngelurusin kaki sebentar, solat jama’, ngobrol2.. dan akhirnya kami cabut dari Masjid itu ke daerah Sentosa Island!

Ngabur ke Sentosa Island ini makan waktu lumayan lama juga, karena cukup jauh dan nyambung kereta di Vivo City dulu. Pas di Vivo City, kami sempet mampir di National Geographic Store, isinya koleksi2 ama merchandise khas NG yang cool parah. Gue tadinya ngebet banget pengen beli peta NG yang klasik dan hi-res, tapi gue mikir takut boros dan gak cukup buat oleh2, akhirnya gue terpaksa ngikhlasin untuk ga beli dulu. p;

Then, our journey continues to Sentosa!
Disana sebenernya agak geje, karena unplanned mau kemana. Tadinya mau ke Merlion, eh karena ke Merlionnya bayar, akhirnya kita ke Siloso Beach. Siloso Beach gak jauh beda sama pantai-pantai di Anyer, cuma emang lebih bersih dikit aja sih, dan rame banget ama kapal-kapal tanker dan kontainer, jadi gak alami. Lagipun, pantainya pantai reklamasi yang seperti kita semua udah tau, pasirnya diambil dari Kepulauan Riau. Yah, tapi dengan ke pantai, gue nemu juga nature escape di Singapur – sebelumnya cuma di concrete jungle doang keliling-kelilingnya.

Leha-leha bentar, nyuci kaki pake air laut, dan sempet mau berenang tapi gak jadi karena pada gak bawa ganti baju, akhirnya kami selesai jalan-jalan di Sentosa sekitar jam 5 sore waktu Singapur. Setelah itu sih langsung ke Bugis buat nyari oleh-oleh dan makan. Oleh-oleh yang gue beli kaos sama gantungan kunci. Sempet ke Raffles Palace sebentar, buat numpang solat di Masjid Moulana Mohd Ali dan enjoying the last night di Singapore River… tapi karena buru buat ke airport, akhirnya habis dari sana kami langsung cabut ke hostel Ark259, kita checkout dan ambil bagasi di sana buat cao ke Changi Airport.

Setelah nikmatin a long journey with SBSTransit Bus, hampir sejam lah dengan muka lesu gue sampe di Terminal 2 Changi Airport. Kami langsung nyari tempat buat ngerebah, dan Coffee Bean jadi target utama untuk nginep malem itu. Haha, daripada nginep lagi di hostel yang jelas ngabisin duit, akhirnya kami settle di Coffee Bean aja. Setelah ijin ke mbak2 yang jaga Coffee Bean dan mesen kopi, kami ngobrol2 banyak hal buat ngabisin malem di Changi.


Seperti biasa, obrolannya gak jauh beda ternyata sama obrolan di Indonesia. Tentang aktivisme mahasiswa, pergerakan, dakwah, BEM, politik, sampe ke masalah Baasyir. Wkwk, kami semua sejalur pemikiran sih, jadi nyambung2 aja kalo ngobrol,😀

Sempet galau sebentar, akhirnya gue mutusin buat nyari vocher internet gratis yang udah di provide sama infocenter di Changi. Eh pas udah dapet, dan gue coba, vochernya malah gak bisa. Dammit. Padahal gue pengen ngebunuh kebosanan dengan sekadar ngupdate twitter, fb, atau blog. Siaaal. Gue terpaksa tidur, tapi sedikit-sedikit bangun, karena terpengaruh sama efek kopi nan kentel yang baru gue minum. Ari udah pules banget, si Hanif sama Robie sedikit2 juga bertahan tapi mereka akhirnya tumbang juga.

Jam 5, udah subuh kami sempet nyari tempat buat solat. Saking bingungnya, bahkan sempet nanya ke porter Changi yang tampangnya Melayu, dan dia jawab kalo mau solat dibawah tangga aja, tapi jangan sampe kelihatan. Duh, jadi makin bingung. Akhirnya gue ikut saran si Hanif aja, solat di kursi bandara aja. Yaudah lah, daripada gak solat sama sekali akhirnya gue solat juga di kursi.

Habis solat subuh, gue makan di Burger King. Mesen egg sandwich sama kopi yang superpanas, tapi gak gue habisin kopinya. And after that, I split up with Hanif and Robi, karena ternyata terminal pesawat kita beda, gue sama Ari naek Lion Air yang terminalnya di terminal 2 dan si Hanif and Robi sama anak2 UI lainnya di terminal 1, mereka naik Sriwijaya Air.

Ah, the journey ends when a Singaporean immigration officer named Mohd Nazlan stamped my passport. Gue masuk ke boarding room dan nunggu pesawat dengan perasaan yang cukup melankolis untuk kembali ke dunia nyata di Indonesia. Yah, Singapore is quite like a fantasy land, tempat ria gembira.. melupakan semua berita berbau politik, Nurdin Halid dan kawan-kawannya.

Jam 845 pagi Waktu Singapore, gue boarding ke dalam pesawat Lion Air. Sayonara Singapore, it’s been a great 5 days with you.

Sekitar jam 1120 gue sampe lagi di Jakarta tercinta yang panas terik.

Tapi, pengalaman yang berharga di Singapore – mulai dari jalan2nya, mesjidnya, konferensinya, dan temen2 baru yang gue dapet disana – gak bakal gue lupain. Bener2 pengalaman yang luar biasa.

Someday, I hope I’ll meet again with those UI, UNPAR, and Indonesian colleagues in another MUN aboard, entah di Amsterdam, Paris, Oxford, New York, Tokyo, Beijing, Canberra, or somewhere else.

Semoga kita semua sukses teman!
Sampai jumpa di masa depan yang lebih baik🙂

5 thoughts on “NTUMUN [3]

  1. hmm… jadi NTUMUN itu sejenis lomba debat gitu? *masih belum terlalu ngerti*

    wah kasus yang dipilih pas sidang bener2 masih ‘seger’.

Tinggalkan Balasan

