Sekilas tentang (Calon) Tesis

Jadi akhir-akhir ini aku sedang sangat sibuk mengerjakan proposal tesis, meskipun baru drafnya.

Aku menemukan bahwa rencana tesisku ini bukan tesis yang sembarangan, seperti yang sudah diingatkan oleh dosen Metpenku dan teman-teman lainnya. Okelah, mungkin rencana tesisku ini sangat idealistis, tapi penuh resiko karena akan memakan waktu yang lumayan banyak dikarenakan secara teoritis dan metodologis, pendekatan yang aku pakai ini bukan pendekatan yang sering dipakai dalam analisis politik luar negeri. Memang jarang ada yang mau berani menggunakan pendekatan ini, karena dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memahami pendekatan ini dengan baik dan komprehensif.

Jadi ceritanya, aku akan membahas politik luar negeri Indonesia masa Reformasi dengan menggunakan perspektif studi wacana atau yang biasanya disebut discourse analysis. Mungkin baru ada satu paper yang menggunakan perspektif ini dalam analisis politik luar negeri Indonesia, dan kamu mungkin bisa menebak siapa orangnya. Dosenku sangat mengapresiasi rencanaku untuk analisis ini, tapi dia selalu bilang, ‘Rencana ini terlalu riskan dan susah untuk kamu, lebih mirip penelitian doktoral dibanding master’. Aku sempat pikir2 juga setelah dosenku bilang seperti itu, cuma dia juga bilang, ‘Ya, kalau kamu yakin bisa, coba saja lanjutkan dulu dan konsultasikan ke dosen pembimbingmu’. Aku baru sedikit baca-baca buku2 yang membahas pendekatan studi wacana dalam analisis politik luar negeri, dan aku temukan memang banyak hal yang harus aku cermati dalam analisis, karena paradigma analisis dalam studi wacana itu sangat berbeda dari paradigma analisis dalam studi2 lainnya yang kebanyakan positifis atau konstruktivis. Aku sendiri masih berada dalam alam pikiran dan paradigma seorang konstruktivis, dan sedang mencoba untuk mengatur otak ini untuk bersahabat dengan literatur-literatur studi wacana yang post-modernis dan post-strukturalis.

Aku masih belum tahu apakah tema ini bisa gol dan lolos jadi sebuah judul tesis, tapi mudah2an saja kalau Allah memberikan jalan dan ilham, insya Allah seberat apapun tantangan yang akan aku hadapi, aku akan melewatinya.

Tetap semangat untuk risetmu! Insya Allah kalau sudah dijadwal dengan baik, aku rasa tidak akan ada masalah yang berarti dan kamu akan bisa lulus di waktu yang tepat🙂

Tinggalkan Balasan

