Tanya Jawab Seputar Beasiswa Pemerintah Turki

 20140923_064851Stand penerimaan mahasiswa baru YTB 2014 di Bandara Internasional Atatürk, Istanbul.

Akhir-akhir ini, akun facebook saya sering disapa oleh teman-teman (baik yang saya kenal maupun yang tidak saya kenal) melalui fitur Pesan. Ada beberapa yang sekadar menanyakan kabar, tapi  ada pula yang menanyakan tentang beasiswa Pemerintah Turki. Kebanyakan masih penasaran tentang beasiswa Turki itu seperti apa dan bagaimana, sehingga saya kemudian memutuskan untuk membuat artikel berikut,  yakni sebuah artikel dalam bentuk tanya-jawab seputar Beasiswa Pemerintah Turki.  Artikel ini akan disusul oleh artikel-artikel lainnya, yakni pengalaman pribadi saya dalam mendapatkan beasiswa Turki dan artikel teknis lainnya seputar beasiswa Pemerintah Turki.

Tanya-jawab ini merupakan kompilasi saya dari pertanyaan-pertanyaan yang pernah teman-teman saya tanyakan pada saya. Mungkin saja tanya-jawab ini akan cukup menjelaskan tentang apa itu beasiswa Pemerintah Turki, namun pasti ada beberapa hal yang saya lupa, yang saya salah tuliskan atau saya lewatkan. Nah, oleh karena itu jangan sepenuhnya bergantung pada informasi yang saya dituliskan di artikel ini. Saya harap teman-teman yang berminat untuk mendaftar dan mendapat Beasiswa Pemerintah Turki untuk mencari informasi melalui sumber resminya di turkiyeburslari.gov.tr (situs resmi dari Beasiswa Pemerintah Turki) dan menyukai halaman Turkiye Burslari, karena disanalah panitia seleksi beasiswa seringkali mengumumkan hal-hal penting seputar beasiswa Turki, semisal informasi kapan dimulainya pendaftaran beasiswa, informasi pengumuman seleksi, dan sebagainya. Teman-teman juga bisa menyukai halaman PPI Turki Fans Club, yakni halaman resmi dari Persatuan Pelajar Indonesia di Turki yang mungkin akan memberikan beberapa informasi terkait Beasiswa Pemerintah Turki.

1. Apa itu beasiswa Pemerintah Turki?

Beasiswa Pemerintah Turki, atau dalam bahasa Turki disebut sebagai Türkiye Bursları dan dalam bahasa Inggris disebut sebagai Turkiye Scholarship adalah sebuah beasiswa yang diberikan oleh sebuah badan, yakni T.C. Başbakanlık Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı atau biasa disebut YTB. Badan ini merupakan sebuah badan (semacam direktorat) yang berada dibawah koordinasi Kantor Perdana Menteri Turki, dimana badan ini berfungsi untuk hubungan pemerintah Turki dengan diaspora warga negara Turki yang ada di negara-negara luar Turki, menjalin hubungan dengan masyarakat etnis Turki di Asia Tengah, menjalin hubungan dengan lembaga masyarakat sipil serta mahasiswa-mahasiswa asing yang ada di Turki. Beasiswa Pemerintah Turki diadakan oleh pemerintah Turki untuk memberikan kepada mahasiswa-mahasiswa asing dari berbagai negara agar dapat belajar dan mendapatkan pengalaman di Turki. Beasiswa ini semula dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional Turki, namun kemudian pengelolaannya dialihkan ke Kantor Perdana Menteri Turki dan operasionalnya saat ini dijalankan oleh YTB.

Selain YTB, ada juga lembaga pemerintah Turki yang memberikan beasiswa ke mahasiswa-mahasiswa asing, yakni TUBITAK. TUBITAK adalah lembaga riset dan penelitian resmi miliki negara Turki, dan dalam pengelolaan beasiswa jelas berbeda dengan beasiswa yang dikelola oleh YTB.

2. Apa saja jenis beasiswa yang ada dalam kerangka beasiswa Pemerintah Turki?

Ada beragam jenis beasiswa yang ditawarkan dalam kerangka beasiswa Pemerintah Turki. Berikut penjelasannya. Untuk WNI, tersedia peluang untuk mendaftar dalam beberapa jenis beasiswa, diantaranya adalah beasiswa Bosphorus untuk mahasiswa S1, beasiswa Ali Kuşçu untuk mahasiswa Pascasarjana (S2 dan S3) program ilmu eksakta, beasiswa Ibnu Haldun untuk mahasiswa Pascasarjana (S2 dan S3) program ilmu sosial,  beasiswa Ibnu Sina untuk program S1 bidang kedokteran, beasiswa Yunus Emre untuk program S1, S2 dan S3 dalam bidang Sastra dan Bahasa Turki, beasiswa Studi Islam untuk program S1, S2 dan S3 dalam bidang Studi Islam. Ada juga beasiswa lain seperti beasiswa riset yang diberikan untuk mahasiswa atau peneliti yang sedang riset di Turki atau menjalankan riset pos-doktoral dan beasiswa dukungan biaya untuk mahasiswa luar negeri yang belajar di Turki, tapi menggunakan biaya sendiri atau menggunakan beasiswa dari pihak lain namun jumlahnya terbatas. Kabarnya, tahun ini juga akan diadakan beasiswa bakat Seni dan Olahraga. Untuk informasi lebih lengkap terkait beasiswa bakat ini, teman-teman bisa menanyakan langsung ke panitia penyeleksi beasiswa di YTB.

3. Kapan biasanya pendaftaran beasiswa Turki dimulai?

Biasanya pendaftaran beasiswa Turki dimulai pada masa-masa sebelum atau saat musim semi berlangsung, yakni sekitar bulan Februari-April. Untuk program pascasarjana yang mencakup S2 dan S3, biasanya pendaftaran akan dimulai lebih awal pada bulan Februari-Maret; sedangkan untuk program sarjana yang mencakup S1 biasanya akan dimulai setelahnya, yakni sekitar April-Mei. Untuk informasi lebih detil, silakan periksa informasi secara berkala di turkiyeburslari.gov.tr

4. Siapa saja yang boleh mendaftar beasiswa Turki?

Siapa saja boleh mendaftar beasiswa Turki. Pemerintah Turki sebagai pemberi beasiswa tidak melihat latar belakang ras, agama, jenis kelamin, kebangsaan dan warna kulit sebagai faktor penentu diterimanya seseorang.

5. Apa saja persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran beasiswa Pemerintah Turki?

Untuk teman-teman yang memang berminat untuk mendaftar beasiswa Pemerintah Turki, mohon perhatikan dengan baik syarat-syarat di bawah ini:

  • Syarat umur, untuk masing-masing jenjang pendidikan ada batas umur yang telah ditentukan oleh YTB. Untuk jenjang Lisans (Undergraduate), batas umur paling tua untuk mendaftar adalah umur 22. Untuk jenjang Yuksek Lisans (Graduate), batas umur paling tua untuk mendaftar adalah umur 31. Untuk jenjang Doktora (Doctoral), batas umur yang paling tua untuk mendaftar adalah umur 36. Sedangkan untuk batas umur termuda, YTB tidak memberikan informasi spesifik dan teman-teman bisa mengajukan pertanyaan langsung ke pihak YTB.
  • Syarat nilai. Syarat nilai ini juga menentukan kesuksesan teman-teman dalam meraih beasiswa. Untuk teman-teman yang ingin mendaftar ke jenjang S1, teman-teman perlu memastikan bahwa nilai UN teman-teman memiliki rata-rata sama dengan atau di atas 70, karena dibawah itu teman-teman dipastikan tidak akan mendapatkan beasiswa ini. Untuk teman-teman yang ingin mendaftar ke jenjang S2 dan S3, pastikan bahwa IPK teman-teman di jenjang sebelumnya berada di atas 2,8 (70% dari 4). Kalau IPK teman-teman di atas 3 atau 3,5, tentunya akan lebih baik lagi.
  • Syarat bahasa. Teman-teman juga perlu mempersiapkan syarat ini supaya teman-teman bisa masuk ke universitas yang teman-teman inginkan dan memastikan kesuksesan teman-teman dalam seleksi beasiswa Turki. Setidaknya, sebelum pendaftaran beasiswa Turki dimulai, teman-teman sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti TOEFL dan IELTS. Memang biaya pendaftaran tesnya agak mahal (kecuali TOEFL ITP, tapi saya tidak sarankan karena sebenarnya hanya bisa digunakan di institusi tertentu), tapi akan berguna kalau teman-teman ingin mendaftar ke beasiswa-beasiswa lain seandainya tidak diterima di beasiswa Turki. Untuk teman-teman yang ingin mengambil jurusan agama di Turki, penguasaan bahasa Arab menjadi poin tambah bagi teman-teman karena untuk mengikuti program studi agama di Turki, semua mahasiswa diwajibkan untuk memahami bahasa Arab secara baik melalui program persiapan selama kurang lebih 1 tahun. Untuk teman-teman yang sudah belajar dan bisa berbahasa Turki, entah secara privat atau secara formal di sekolah2 Turki, tentunya akan lebih baik dan lebih mudah bagi teman-teman dalam melanjutkan studi di Turki, karena akan mempercepat masa program persiapan bahasa dan teman-teman bisa langsung melanjutkan studi.
  • Syarat berkas. Untuk syarat berkas, syarat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
    • Paspor
    • Ijazah (untuk yang sudah lulus) / Surat Keterangan Mahasiswa (untuk yang seandainya belum lulus)
    • Ijazah SMA (untuk jenjang S1, S2, dan S3)
    • Transkrip (untuk jenjang S2 dan S3)/Daftar Nilai Rapot (untuk jenjang S1)
    • SKHUN (untuk jenjang S1, S2 dan S3)
    • Sertifikat Tes Bahasa (untuk jenjang S1, S2 dan S3)
    • Surat Referensi (untuk jenjang S1, S2, dan S3). Perlu diingat bahwa referensi ini penting sekali dalam menentukan kesuksesan teman-teman untuk mendapatkan beasiswa Turki. Pastikan teman-teman mendapatkan referensi dari orang-orang/pengajar yang punya kredibilitas tinggi dan berpengaruh supaya tingkat kesuksesan teman-teman semakin besar dalam mendapatkan universitas yang diinginkan.
    • Sertifikat Keikutsertaan/Penghargaan dalam Kepanitiaan/Konferensi/Seminar/Kejuaraan (untuk jenjang S1, S2 dan S3)

6. Bagaimana alur pendaftaran dan alur seleksi dari beasiswa Pemerintah Turki?

TB

Grafik ini terinspirasi oleh grafik di blog Pak Made Andi. 

Grafik diatas kurang lebih bisa menggambarkan bagaimana proses pendaftaran beasiswa Turki. Saya akan coba jelaskan dengan lebih detil. Secara keseluruhan, proses seleksi beasiswa Turki terdiri dari dua tahap utama, dimana tahap pertama adalah tahap seleksi berkas dan tahap kedua adalah tahap interview/wawancara. Tahap pertama biasanya akan berlangsung pada bulan Februari/Maret untuk calon mahasiswa S2 dan S3; sedangkan untuk mahasiswa S1 akan berlangsung pada bulan April/Mei. Proses seleksi berkas ini akan dilangsungkan secara online dengan durasi 1 bulan. Perlu diingat bahwa proses seleksi berkas hanya berlangsung secara online, jadi tidak ada pengurusan berkas melalui pos yang dikirim ke kedutaan besar atau ke Turki. Malas mengurus secara online, atau menganggap susah/repot mengurus dokumen secara online? Teman-teman mungkin perlu melihat video perjuangan mahasiswa dari Uganda ini: https://www.youtube.com/watch?v=mRfw3Tmmw7A.

Nah, sebelum teman-teman melakukan proses pendaftaran, baiknya teman-teman membuat akun terlebih dahulu di http://basvuru.turkiyeburslari.gov.tr. Ketika teman-teman selesai dengan pembuatan akun tersebut, maka teman-teman akan bisa langsung memulai proses pendaftaran dengan mengisi data-data dan letter of intent yang ada di dalam portal, memilih universitas yang teman-teman inginkan, mengunggah data-data personal dan berkas yang diperlukan. Untuk demo pendaftaran, teman-teman bisa melihat secara detil di link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=sLrxNt5bH1Y. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran di portal beasiswa, teman-teman perlu mengecek sekali lagi data-data dan dokumen yang telah teman-teman unggah. Pastikan semuanya, mulai dari nama, tempat tanggal lahir dan semuanya tertulis dengan baik tanpa ada salah, karena sekali teman-teman mengklik tombol Verify maka data-data tersebut tidak bisa diubah lagi. Setelah diverifikasi, teman-teman perlu menunggu sekitar 1-1,5 bulan sebelum hasil seleksi berkas bisa keluar di portal beasiswa/email. Jadi, selama masa penantian itu, isilah dengan hal-hal yang bermanfaat, persiapkan plan B kalau seandainya tidak diterima, belajar untuk interview kalau seandainya teman-teman diterima dan banyak-banyak berdoa.

Seandainya teman-teman diterima dalam seleksi berkas, maka bersiap-siaplah untuk tahap berikutnya, yaitu tahap interview. Tahap ini jangan dianggap remeh karena tahap ini tidak memastikan teman-teman dapat langsung melanjutkan studi ke Turki. Tahap ini bukan tahap formalitas belaka, tapi tahap yang paling penting dimana para pewawancara akan melihat kesungguhan teman-teman, pengetahuan teman-teman terkait disiplin ilmu serta rencana teman-teman ketika mendapatkan beasiswa Turki. Pastikan teman-teman mempersiapkan diri, entah dengan banyak membaca literatur tentang Turki, membaca literatur tentang disiplin ilmu yang hendak teman-teman dalami, atau dengan simulasi interview. Interview ini nanti akan dilangsungkan di Kedutaan Besar Turki di Jakarta atau dalam kasus tertentu, biasanya bisa juga diadakan di Banda Aceh (mengingat banyak juga pendaftar yang berasal dari sekolah-sekolah Turki di Aceh).

Interview biasanya akan berlangsung selama kurang lebih 15-30 menit. Untuk interview tersebut, teman-teman akan diminta hadir paling lambat 30 menit di Kedutaan Besar Turki  sebelum dapat masuk ke ruang interview. Pastikan hadir awal waktu karena tidak ada kata izin terlambat untuk interview ini. Teman-teman akan memperoleh waktu dan tempat interview dari email yang dikirimkan oleh YTB. Nah, dalam interview ini, nanti teman-teman akan diminta untuk membawa dokumen-dokumen yang telah teman-teman unggah di portal untuk diverifikasi ulang secara langsung. Setelah pemeriksaan dokumen tersebut, teman-teman akan berhadapan dengan dua atau tiga orang interviewer (biasanya dua orang YTB dari Turki dan 1 orang staf lokal Kedubes Turki) yang akan meminta teman-teman untuk memperkenalkan diri dan selanjutnya, para interviewer ini akan mulai menanyakan motivasi serta rencana riset teman-teman, serta kira-kira hal apa yang teman-teman kontribusikan setelah lulus dari Turki nanti. Sakin ol, tenang saja dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan tersebut dan lakukan yang terbaik!

Oh ya dalam interview ini, teman-teman juga bisa mulai berkenalan dengan sesama pendaftar beasiswa YTB. Nah, gunakan kesempatan interview ini untuk berkenalan, siapa tahu nanti kalau memang sama-sama lulus seleksi, bisa bertemu lagi di Turki😀

Nah, setelah interview selesai, banyak-banyak berdoa, karena praktis ikhtiar teman-teman sudah selesai sampai tahap interview tersebut. Biasanya pengumuman beasiswa akan diberikan dalam periode waktu 2 bulan, kadang-kadang juga lebih. Banyak yang cemas selama proses penantian tersebut, tapi yakinlah, bahwa hasil seleksi itu akan datang di saat yang tepat dan baik. Tidak usah khawatir. Kalau teman-teman lulus, berarti melanjutkan studi di Turki memang sudah takdir bagi teman-teman setelah ikhtiar maksimal yang dilakukan. Kalaupun tidak, ya bukan akhir dari segalanya, karena masih banyak negara-negara yang membuka peluang untuk pendaftaran beasiswa, entah itu di Eropa, Amerika, Asia, dan Timur Tengah. Teman-teman juga bisa melanjutkan studi di dalam negeri atau mencari karir sebelum kembali mencoba beasiswa di tahun-tahun selanjutnya. Jangan pernah menyerah dan selalu kejar kesempatan-kesempatan tersebut, para pejuang!

7. Dimana saya bisa melihat daftar universitas dan daftar program studi yang tercakup dalam beasiswa Pemerintah Turki?

Teman-teman bisa melihat daftar universitas dan daftar program studi secara lengkap di katalog yang ada di tautan berikut: http://turkiyeburslari.gov.tr/2014_Katalog/2014_Katalog/

8. Berapa lamakah masa studi yang akan dilalui dalam kerangka beasiswa Pemerintah Turki?

Untuk program S1, biasanya lama masa studi akan mencapai 5 tahun, yakni mencakup 1 tahun masa persiapan bahasa Turki, 1 tahun persiapan akademik (biasanya persiapan bahasa Inggris untuk mahasiswa jurusan Sosio-Humaniora dan Teknik, dan persiapan bahasa Arab untuk mahasiswa jurusan Agama Islam), serta 3 tahun masa studi. Untuk program S2, biasanya lama masa studi akan mencapai 3-4 tahun, mencakup 1 tahun masa persiapan bahasa Turki, 1 tahun masa matrikulasi (untuk mahasiswa dari disiplin yang berbeda) dan 2 tahun masa studi. Untuk program S3, biasanya lama studi akan mencapai 4-5 tahun (saya juga tidak tahu secara detilnya).

9. Apa saja yang akan saya dapatkan ketika saya menjadi peraih beasiswa Pemerintah Turki?

Sebagai peraih beasiswa Pemerintah Turki, teman-teman akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  • Akomodasi gratis di asrama milik pemerintah. Namun, jika teman-teman ingin menyewa apartemen atau rumah di luar, maka teman-teman harus menanggung sendiri biaya tersebut karena tidak akan ditanggung oleh YTB.
  • Biaya pendidikan mulai dari biaya kursus bahasa Turki sampai selesai ditanggung seluruhnya oleh YTB.
  • Asuransi kesehatan gratis untuk berobat di Rumah Sakit Pemerintah.
  • Tiket pulang-pergi gratis, yakni tiket saat pertama kali berangkat ke Turki dan tiket saat terakhir kali pulang dari Turki setelah menyelesaikan masa studi.
  • Uang saku bulanan. Uang bulanan ini berbeda-beda untuk setiap jenjang pendidikan, dimana mahasiswa S1 mendapatkan 600 TL/bulan, mahasiswa S2 mendapatkan 850 TL/bulan, dan mahasiswa S3 mendapatkan 1200 TL/bulan.

10. Bagaimana kalau saya mengambil disiplin ilmu yang berbeda untuk studi lanjutan saya di Turki (studi lanjutan yang tidak linear dengan studi sebelumnya)? Apakah diperbolehkan?

Hal ini diperbolehkan, namun teman-teman harus mengikuti 1 tahun matrikulasi sebelum bisa melanjutkan studi di bidang yang teman-teman inginkan. Namun, untuk lebih pastinya, teman-teman bisa menghubungi YTB lebih lanjut.

11. Apakah saya perlu menguasai bahasa Turki untuk mendaftar beasiswa Pemerintah Turki?

Teman-teman tidak perlu menguasai bahasa Turki untuk mendaftar beasiswa Pemerintah Turki, karena teman-teman akan diberikan waktu selama 1 tahun untuk belajar bahasa Turki secara gratis. Namun, kalau teman-teman sudah memiliki kemampuan bahasa Turki yang dasar atau menengah, tentunya akan lebih baik lagi karena akan mempercepat kemungkinan teman-teman untuk melanjutkan studi.

12. Apakah saya perlu mempersiapkan rencana riset untuk mendaftar beasiswa Pemerintah Turki?

Tentu saja. Sebenarnya, dalam portal pendaftaran beasiswa nanti, teman-teman akan diminta untuk mengisi letter of intent yang berisi tentang apa yang hendak teman-teman teliti saat melanjutkan studi di Turki. Untuk teman-teman yang ingin mengambil S2 dan S3 di Turki, dari sekarang sebaiknya sudah mempersiapkan sebuah rencana riset secara makro, atau lebih bagus lagi kalau teman-teman sudah memersiapkan sebuah proposal riset yang lebih spesifik. Bagaimana caranya membuat rencana/proposal riset? Silakan kunjungi link berikut ini: http://www.awc.metu.edu.tr/handouts/Writing_A_Research_Proposal.pdf.

13. Apakah saya perlu mempunyai hafalan Qur’an untuk dapat mendaftar beasiswa Pemerintah Turki?

Tidak perlu. Namun, bila teman-teman ingin masuk ke jurusan Agama Islam, hafalan Qur’an bisa menjadi sebuah nilai tambah.

14. Apakah ada jenis beasiswa lain yang masa studinya lebih pendek (kurang lebih atau kurang dari 1 tahun), karena saya hanya ingin mengambil program pertukaran pelajar atau program kursus di Turki?

Untuk teman-teman yang tertarik beasiswa dalam jangka studi pendek (kurang dari 1 tahun), ada beasiswa yang teman-teman bisa ambil, yakni beasiswa Sekolah Muslim Panas untuk studi bahasa Turki. Programnya akan berlangsung selama 3 bulan dan akan fokus untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Turki bagi teman-teman yang sudah memiliki kemampuan dasar untuk berbicara bahasa Turki. Untuk pendaftarannya biasa dibuka saat bulan Mei. Informasi lebih lengkap bisa teman-teman periksa lebih lanjut di http://www.turkiyeburslari.gov.tr.

15. Bagaimana kehidupan di Turki berjalan? Bagaimana proses adaptasinya berlangsung?

Bagi seorang mahasiswa asing, atau lebih spesifik lagi, mahasiswa Indonesia pasti akan menghadapi kekagetan saat awal tiba di Turki. Mulai dari budaya, bahasa, makanan dan sebagainya. Namun, dalam beberapa bulan, mahasiswa asing, terutama yang berasal dari negara-negara berpenduduk Islam seperti Indonesia, pasti akan terbiasa dengan budaya-budaya masyarakat Turki.

18. Apakah ijazah dari pendidikan tinggi di Turki diakui secara internasional?

Ijazah dari pendidikan tinggi di Turki tentu saja diakui secara internasional. Perlu diketahui bahwa sistem pendidikan tinggi Turki sudah terintegrasi dengan sistem pendidikan tinggi di Eropa, dimana seluruh perguruan tinggi di Turki saat ini memiliki sistem kredit ala Eropa atau yang disebut dengan istilah ECTS (European Credit Transfer and Accumulation System). Jadi, tidak perlu khawatir kalau ijazah yang kalian akan dapatkan di Turki tidak akan diterima di negara-negara lain di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

16. Apakah ijazah dari Turki perlu disetarakan setibanya di Indonesia?

Walaupun ijazah Turki diakui secara internasional, namun supaya bisa digunakan untuk beberapa keperluan tertentu (misal mendaftar CPNS Dosen), maka ijazah dari Turki perlu juga untuk disetarakan. Untuk info tentang penyetaraan ijazah, silakan periksa disini: http://ijazahln.dikti.go.id.

17. Bagaimana kualitas dari pendidikan tinggi di Turki? Apakah memiliki kredibilitas yang memadai di antara pendidikan-pendidikan tinggi lainnya yang ada di dunia?

Secara kualitas, pendidikan tinggi di Turki cukup bersaing dengan pendidikan tinggi di negara-negara lain. Beberapa perguruan tinggi negeri di Turki, semisal Middle East Technical University, Marmara University, Bilkent University dan Boğaziçi University merupakan beberapa universitas yang cukup dikenal di luar negeri, terutama dalam studi keagamaan dan juga ilmu teknik. Universitas-universitas yang lain di Turki juga memiliki keunggulannya masing-masing. Dengan adanya proses Bologna, seluruh universitas di Turki terdorong untuk melakukan inovasi dalam bidang akademik secara terus menurus sehingga kualitas pendidikan tinggi di Turki menjadi lebih baik.

18. Siapa sajakah alumni sukses dari Turki yang telah berkiprah di Indonesia?

Ada beberapa alumni Turki yang saat ini telah berkiprah di Indonesia sebagai tokoh pendidikan, diantaranya adalah Prof. Komaruddin Hidayat (Rektor UIN Jakarta, lulusan Middle East Technical University) dan Prof. Amin Abdullah (Rektor UIN Jogjakarta, lulusan universitas yang sama dengan Prof. Komaruddin).

19. Apakah biaya yang diberikan oleh pihak pemberi beasiswa cukup untuk biaya hidup sebulan?

Jumlah beasiswa yang diberikan oleh YTB tentunya sudah memperhitungkan rata-rata kebutuhan sebulan dari setiap mahasiswa di berbagai kota yang berbeda, maka dari itu biaya yang diberikan oleh YTB  akan cukup untuk biaya hidup selama sebulan. Kalau teman-teman tinggal di asrama, makan pagi-sore di asrama, dan melakukan penghematan, biaya bulanan malah bisa ditabung untuk keperluan-keperluan serta rencana-rencana selanjutnya.

20. Apakah saya boleh kembali ke Indonesia selama masa studi saya belum habis? Kalau seandainya boleh, apakah kepulangan (misalnya untuk libur musim panas) itu dibayarkan oleh pihak pemberi beasiswa?

Boleh saja kalau teman-teman ingin pulang untuk libur musim panas ke Indonesia, namun kepulangan tersebut tidak akan dibayarkan oleh YTB dan teman-teman perlu menabung untuk membeli tiket pulang-pergi yang rata-rata harga normalnya sekitar 1500-2000 TL. Jadi, bijaklah dalam menggunakan uang bulanan dari YTB.

21. Bagaimana kalau seandainya saya belum lulus saat pendaftaran dimulai? Apakah saya masih bisa mendaftar?

Bisa saja, hanya saja teman-teman harus memastikan bahwa teman-teman bisa lulus tepat pada waktunya atau kalau bisa sebelum pengumuman beasiswa diumumkan. Pada saat pendaftaran, teman-teman hanya perlu membawa surat keterangan mahasiswa untuk dilampirkan dan diunggah ke portal beasiswa. Ketika nanti sudah lulus dan sudah mendapatkan ijazah, saat mendaftar ulang ke Kedutaan Besar Turki, ijazah tersebut bisa disertakan. Namun, bagaimana jika belum? Teman-teman bisa menyertakan surat keterangan lulus beserta terjemahnya saat daftar ulang di Kedutaan Besar Turki. Namun, untuk hal ini, tolong pastikan lagi ke pihak yang berwenang karena jawaban ini saya berikan berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami sendiri dan juga pengalaman seorang senior saya.

22. Adakah program pendidikan vokasional yang disediakan dalam kerangka program beasiswa YTB?

Sementara ini, setahu saya tidak ada program pelatihan vokasional yang disediakan dalam kerangka program beasiswa YTB. Untuk informasi lebih lanjut sila tanya pihak yang bersangkutan dalam masalah ini.


Untuk sementara, mungkin cukup sekian tanya-jawab yang bisa saya tuliskan dalam artikel ini. Kalau ada pertanyaan tambahan, sila hubungi saya via pesan di akun facebook, karena pertanyaan yang teman-teman ajukan akan saya unggah juga dalam artikel ini, atau silakan langsung komentari artikel dibawah ini. Saya juga meminta teman-teman untuk selalu memeriksa dan mengkonfirmasi info ke http://www.turkiyeburslari.gov.tr, karena bisa jadi saya memberikan informasi yang salah dan tidak benar. Kalau saja ada informasi yang salah, mohon ingatkan saya.

Terimakasih dan İyi Şanslar!

99 thoughts on “Tanya Jawab Seputar Beasiswa Pemerintah Turki

  1. terima kasih banyak informasinya sangat membantu😀

    saya ingin menanyakan bagaimana jika ipk hanya 3,00 apakah bisa mendaftar program graduate?

  2. assalamualaikum wr wb
    saya adalah tamatan sekolah
    menengah kejuruan jurusan perangkat
    lunak( software engineering ) tahun
    2012, dan saya berencana melamar
    ytb tahun 2015 ini. pertanyaan saya
    adalah :
    1. di kolom pilihan scholarship, hanya
    ada satu pilihan universitas yg sesuai
    dgn jurusan saya (bahcesehir
    university) dlm bahasa inggris. namun
    saya belum mempunyai sertifikat
    toefl/ielts. apakah saya tetap bisa
    mendaftar ?
    2. bisakah saya memilih jurusan
    software engineering saja dan
    mengosongkan pilihan universitasnya
    mengingat hanya ada satu pilihan?
    3. apakah untuk jurusan software
    engineering di turki hanya ada di
    bahcesehir university ?
    mungkin itu saja dri saya, wassalam
    wr wb

    • Mendaftar beasiswa itu sudah sekalian daftar universitas, dalam portal pendaftaran nanti kamu akan diberikan opsi untuk masuk ke universitas mana yang kamu inginkan. Nanti berkas2 yang kamu kumpulkan akan dijadikan bahan pertimbangan oleh tim seleksi, sekiranya di universitas mana yang layak untuk kamu masuki sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman serta berkas2 yang kamu kumpulkan.

      Oh ya untuk masalah surat, ikuti saja pedoman yang termaktub di turkiyeburslari.org. Sederhana saja, baca peraturan, pahami baik-baik dan daftar!

  3. Assalamuallaikum kakak, terimakasih banyak atas infonya. Saya ingin mengajukan sedikt pertanyaan. Pada bulan fabruari-april mungkin saya belum mengikuti ujian nasional sehingga mungkin untuk memastikan kelulusan pun belum. Tapi insyaallah saya lulus amiin. Jadi untuk keterangan ijasah di web pengisian harus saya isi dengan surat keterangan berbahasa inggris yg dikeluarkan oleh sekolah arau dikosongkan?

  4. Assalamualaikum admin…
    saya lulusan S1 Teknik sipil dan berencana ingin melanjutkan program S2 Teknik Sipil saya di turki melaui program beasiswa.
    Pertanyaan saya, apakah ada Universitas di Turki yang fokus pada Jurusan Teknik Sipil tersebut?

    Wassalam,
    Terimakasih…

  5. Assalamualaikum min..
    Jika saya baru mau menempuh pendidikan DIII Kebidanan tahun ini dan ingin apply beasiswa YTB tahun depan, ijazah yg harus dilampirkan ijazah SMA sajakan? Dan tidak usah dinyatakan apa-apa kalau saya sedang menempuh pendidikan DIII? karena jika diterima saya akan ambil beasiswanya saja..
    Mohon balasannya yah..
    Wassalam, terima kasih

  6. Ada bbrp pertanyaan mas
    1. Maaf kalo boleh tau, saat daftar dulu nilai toeflnya brp, biar bs sedikit mengukur kemampuan diri hhehee
    2. Semua berkas2 itu hrs di translate ke english, boleh gak misal spt ijazah dan transkrip bukan versi english resmi keluaran kampus tp dr sworn translator? soalnya kampusnya beda kota dgn kantor skrg, butuh biaya lebih buat mengurus di hari kerja dan tiket pp

    Terima kasih

  7. Permisi mas , saya mau tanya apakah semua berkas yg ada dalam persyaratan harus diterjemahkan dalam bahasa inggris sebelum di unggah?

  8. assalamualaikum mas, saya ada beberapa pertanyaan.
    Sekarang saya sedang studi di jurusan perikanan semester 3 dan berniat ingin mengikuti program summercourse, bagaimana prosedurnya? apakah saya bisa mendaftar beasiswa ytb jika saya masih semester 3? apakah universitas-universitas di turki ada yang memiliki program studi perikanan?
    Terimakasih mohon bantuan infonya terkait ini.

  9. Assalammua’laikum, Kak di website pendaftaranya tertulis id/passport, kalau saat ini kita belum punya passport jdi kita harus ngisi apa dan id itu, id apa ya? Kartu tanda penduduk di Indonesia atau gimana?
    Dan seberapa pengaruhnya jika kita tidak mencantumi nilai TOEFL?

  10. Assalamualaikum wr wb,,
    Merhaba., I am Sonia , from LOMBOK.
    after undergraduatu, I have planning for continue study in Turkey. Can I ask your e-mail? thank you.

  11. Salam,nya kk apa aja nma2 universitas yg ada jurusan teology islam,n ketika kita ngisi formulir apply nanti kita di mnta untk mengisi 12 universitas,itu apakah harus sejurus smua jurusan nya,mhon bntuanya,

  12. Ping-balik: Türkiye Bursları Scholarship | imamprayuda

  13. Salam kak, Saya sudah coba untuk mendaftar aplication form, tapi tidak bisa, pagenya tidak bisa di klik, apa memang seperti itu ya karena banyak yang mendaftar?

  14. Assalamu’alaikum kak
    sebelum menempuh pendidikan di Turki kan ada kursus bhs turki, apa saat menempuh kursus bhs turki kita sudah diberi uang saku bulanan? atau uang sakunya dikasi saat menempuh pendidikan saja?

  15. Halo kak, saya ingin menanyakan terkait beasiswa ini.
    1. Saya sedang kuliah semstr 4 namun ingin mencoba beasiswa ini namun saya masih bingung utk surat rekomendasi apakah wajib? Lalu surat rekomendasi tsb diminta dari kepala sekolah SMA atau dosen/dekan?

  16. Kak sya ingin bertanya, apakah boleh memakai nilai AcEPT UGM sebagai pengganti toefl? Atau perlu dikonversikan mjd nilai toefl? Terima kasih

  17. kak saya mau tanya
    untuk surat rekomendasi thu da format khusus gak dari pihak beasiswa atau kita buat sendiri z?klw da dmn bisa di download ya kak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s