Keliling Djawa Seminggu

Soekarno-Hatta Airport, Cengkareng
Tanggal 28 September. Dari sini gue memulai sebuah perjalanan nan panjang, melelahkan, dan PANAS. Sebuah pesawat Mandala Airlines ngebawa gue menuju ke Surabaya. Eit tunggu, sebenernya gue banyak cerita pas lagi nunggu pesawat di Terminal. Kebetulan pas itu, gue ngebawa sebundel soal-soal IGCSE. Mulai yang soal Mr. Delta sampe soal ESL. Pas gue kerjain, orang-orang pada ngeliatin gitu. Hahaha, jadi geer-an gue. Gara-gara “keasyikan” ama soalnya Mr. Delta (yang pas tanggal 28 masih di Singapur mungkin), di pesawat soalnya malah jadi kaya “makanan” gue, yang orang laen malah makan nasi (yang Cina2) ato malah tidur (orang puasa).

Surabaya
Sesampai di Juanda Airport, memang panas dan teriknya kota Surabaya udah terasa. Jawa Pos sendiri bilang kalau suhu di Surabaya udah lebih dari 33 derajat C. Di Surabaya, gue nginep di Hotel Ibis. Di Ibis, gue langsung istirahat. Mau ngerjain soal malah kebawa tidur. Bangun-bangun udah mau magrib. Untung buka puasanya udah disiapin. Gue ga makan dari hotel (kemahalan). Abang-abang PKL malah lebih enak makanannya, malah udah di-approve kelezatannya ama Bondan W. Ya itu dia, nasi kebuli ama kambing. Ga percaya gue kok kambingnya bisa seempuk itu. Yang jelas ga ampe presto-prestoan.

Madura

Pelabuhan Ujung-Kamal Madura (courtesy from tito_moklet)

Tanggal 29 September. Gue naek ro-ro ke Madura. Di Kapal, mobil ama motor sumpel-sumpelan udah kayak parkir liar. Apa boleh buat. Ga nyampe 1 jam, gue udah nyampe di Kamal. Terik benaar. Menguji keimanan untuk menahan haus. Sekitar 3 jam buat nyampe kampung Bundo gw di Sampang. Nyampe-nyampe di sini gue agak bosen, tapi ilang juga karena ada TV Kabel + soal2 IGCSE. Hehehe. Sepupu gue pada gak ada, pada ke kampung lain. Yang satu ke Bandung, yang satu ke Jombang. Sepi deh.

Tanggal 30 September. Hari terakhir puasa, senangnya. Di Madura, hari terakhir puasa bener-bener rame. Terutama malemnya, karena biasanya ada parade-parade bedug. Yang ini beda. Gak pake truck kok, cuma kaya bikin miniatur mesjid. Acara ini udah budayanya Madura dan disponsori ama pemerintah jadi lomba takbiran begitu. Yah, walopun parade bedugnya udah selese, pas jam 1 malem, suara orang takbiran masih kedengeran! Wakss..

Pantai Camplong, Sampang, Madura

Tanggal 1 Oktober. Orang-orang udah pada pergi ke lapangan. Gue ama kluarga pergi ke lapangan alun-alun Sampang. Soalnya Bupati Sampang solat disana, disana juga gak rame-rame amat. Yang jelas abis solat gue ziarah ama silaturahmi ke mbah-mbah. Gue nemuin fitur aneh, spanduk telkomsel bahasa Madura pas gue abis ziarah. “Acaca sa’karabbeh coman Rp 2000 sa’areanan”, itu tulisannya. Gue yakin lo bisa nebak artinya. Hehehe, cluenya di Rp 2000 ama coman. Terus gue ke rumah mbah2 gitu. Mbahnya gitu lah, anak2 harus nyium make hidung jangan make dahi. Dan akhirnya ke Pante Cemplong, pante yang potensial banget jadi resort.

Madura-Madiun

Tanggal 2 Oktober. Saatnya gue pergi dari Tanah Rujak Petis. Yah sekarang perjalanan jadi lama, dari Madura ke Madiun! Sekitar….. 12 jam-an. Itu udah plus macet. Nyampe di Madiun udah malem, sekitar jam 7. Biasalah rumah mbah gue udah rame ama tamu-tamu. Abis nyapa-nyapa orang lewat ebuddy, langsung rebahan gue deh.

Madiun
Tanggal 3 Oktober. Gue ke warung punya om gue di jalan raya gitu, cuma baru dibangun. Mungkin kalo lo lewat jalan Kabupaten Madiun, lo bisa liat “Warung Soto Pekalongan Cak Ri”.

Tanggal 4 Oktober. Gue ikutan acara reuni bokap gue. Rame juga. Banyak om-om dan tante-tante juga ada yang udah mbah-mbah (siapa hayo mbah2 ini). Ada yang udah jadi Presdir ampe jadi Kyai. Bah. Seragam SMA 2 Madiun, SMAnya bokap gue, warnanya gimana ya (krem kalo ga salah). Terus ceweknya lengan pendek ama rok selutut (sebagian cewek 81 pengen desain ini, ckckc). Cowo lengan pendek ama celana panjang. Nah pas reuni ini, gue nemu ada satu cewek yang mirip ama anak 81! Hahaha. Tebak yo tebak, mirip siapa.. (menurut gue dari jauh mirip, dari dekat ngga deh hehe).

Koleksi senjata Mbah Di, sang veteran.. ckck…

Gue juga ke rumah tetangga gue. Bukan tetangga sembarangan, beliau ini udah walopun udah mbah2 tapi bekas veteran perang dan guru silat (punya banyak senjata tentunya). Rame juga yang silaturahmi ke simbah ini, maklum veteran satu2nya yang masih bertahan di kampung. Mbah ini ngasi banyak wejangan tapi bahasa Jawa semua, gue agak ngerti dikit lah. Simbah ini, karena udah berjasa, dapet dua medali dari pemerintah. Terus pernah menang kejuaraan bultang se-Indonesia juga! Wewewew. Mbah super ini sekarang kerjanya jadi guru ngaji ama takmir masjid.

Madiun-Jogja


Tanggal 5 Oktober. Out of Madiun to Jogja. Gue mampir ke sebuah warung yang namanya aneh juga, warung Mbok Galak di Solo. Gila ternyata mbok di warungnya asli galak, jongos2nya dimarahin semua. Gue ketawa2 aja ngeliat itu, tapi makanannya enak kok, beneran, mampir aja dah!

Nyampe di Jogja jam 4 sore. Hotel di Jogja penuh semua, tapi masih dapetlah Wisma MMUGM. Mumpung bokap gue civitasnya MMUGM, dapetlah diskonnya. Langsung keliling-keliling gue abis nyampe. Keliling Malioboro lah, beli dagadu, makan gudeg, dll. Ampe pulangnya agak nyasar.

Pas dagadu, bokap gue ngomong2 ama tukang jualannya. Katanya besok ada sidang rakyat. Maklum, karena Jogja sekarang dipaksa untuk ngadain Pilkada, padahal rakyatnya gak mau. Toko-toko besok pada tutup semua, kata tukangnya, harus tutup malah. Kata si tukang, kalo Jogja gubenurnya bukan sultan, gak istimewa lagi dong? Harusnya Jogja dapet dong hak istimewanya. Jogja udah jadi negara sendiri bahkan sebelum Indonesia Merdeka, dan sultan Jogja justru nyuport kemerdekaan Indonesia. Nah sekarang Jogjanya dipaksa! Mana mau?

Nyampe kamar, gue kembali dengan soal IGCSE gue setelah 3 hari gak ngerjain. Hehehe.

Jogja-Cirebon
Tanggal 6 Oktober. Jarak Jogja-Cirebon cuma kurang dari 12 jam nyampenya. Padahal banyak mampir juga tuh. Hehehe, gokil. Di Cirebon, dapet hotel di Santika Cirebon. Lumayan bagus. Tapi gue gak keluar kliling-kliling Cirebon. Malemnya gue makan nasi jamplang, nasi yang rasanya jadi rasa daun aneh gitu kalo ga dikasi kuah. Nasi jamplang dikit2 porsinya, dibungkus pake daun jati terus dikukus. Tidur gue abis itu.

Cirebon-Pondok Gede
Tanggal 7 Oktober. Paginya pas gue breakfast, gue menemukan seorang anak 81 dengan inisial N nginep di hotel yang sama ama gue! Hahahaha. Mau cerita apalagi ya? Hoaaah, tol semua. Makan sih di Cikampek, ga usah diceritain ah, hambar huehehe. Lagian sekarang udah di Jakarta, apa yang mau diceritain?

Keliling Jawa Seminggu memang bikin capek, tapi seru kok. Gara-gara keliling Jawa gue jadi merasakan sesuatu seperti jetlag gitu (iyakah?). Soalnya jam 7 pagi di Madura ama jam 7 pagi di Jakarta suasananya beda, meskipun sama-sama WIB. Di Madura jam 7 udah kaya jam 9-10 di Jakarta, kerasa udah masuk siang.

10 thoughts on “Keliling Djawa Seminggu

  1. oi makhluk,

    minal aidin wal faizin ya…
    mohon maaf lahir batin…

    btw,
    anda bener” orkay…
    sering nginep di hotel ktika mudik…

    dah pensiun tkatki?

  2. Oh kalo bapak saya dari Bangkalan, tapi rumah almarhum kakek saya udah pindah di Kamal sejak awal taun 2000.

    Wah lebaran di Madura ternyata. BTW, nasi yang di Cirebon tuh bukannya Nasi Jamblang ya? Hehehe soalnya itu nama jalan dimana rumah teman saya tinggal di daerah Jatiwaringin jadi saya ingat terus.

    • lao gt sama dong………..
      q jg asli madura
      tpi skrg q ad di pontianak klbr
      gmn ya.. keadaan di md skrg niii,,,
      q jd rindu ni….. dngn kota kelahiran q

  3. bener2 keliling jawa ini mah. asik tuh. hahaha
    btw gimana sih caranya bikin ringkasan halaman? itu lho, yg jd di halaman depan ngga full postingan ditampilin, tapi ringkasannya aja..
    bingung nih mau bikin kea gitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s